Sekilas Tentang Ikan Pari

Ikan Pari - Apakah anda mengenal ikan pari,? mungkin yang belum mengenal ikan pari berikut adalah sekilas tentang ikan pari yang mungkin anda belum mengetahuinya. Ikan pari merupakan salah satu ikan bertulang rawan, sama sperti ikan hiu. Mereka di masukkan dalam subordo Myliobatoidei dari Myliobatiformes, mereka terdiri dari delapan keluarga: Plesiobatidae (ikan pari air dalam),  Hexatrygonidae (ikan pari sixgill), Urotrygonidae (sinar bulat), Urolophidae (stingarees), Dasyatidae (ikan pari whiptail), Gymnuridae (sinar kupu-kupu), Potamotrygonidae (ikan pari sungai), dan Myliobatidae (pari elang).
Sekilas Tentang Ikan Pari
Gambar Ikan Pari

Ikan pari terdapat duri sengatan yang berbisa satu atau lebih pada ekor, ini digunakan untuk membela diri. Stinger panjangnya bisa mencapai sekitar 35 cm, dengan bagian bawahnya memiliki dua taring seperti alur dengan kelanjar racun. Stinger ditutupi lapisan kulit yang tipis dimana racun terkonsentrasi, beberapa anggota pari tidak memiliki sengatan.


Ikan pari hidup di perairan laut pesisir tropis dan subtropis di seluruh dunia, dan ada juga spesies yang di temukan di lautan yang beriklim hangat, seperti Dasyatis thetidis, dan ditemukan di laut dalam, seperti Plesiobatis daviesi.

Sekarang ini ikan pari tidak terancam punah, namun di beberapa spesies seperti D.  colarensis,  Taeniura meyeni, D. garouaensis, dan D. laosensis), status konservasi yang membuat mereka rentan atau terancam dalam data IUCN.

Badan ikan pari rata dan ini sangat beruntung bagi mereka karena dengan mudah dapat menyembunyikan diri dari lingkungannya. Mereka mengaduk pasir dan bersembunyi dibawahnya.

Ikan pari memiliki mata di atas dan sedangkan mulutnya berada pada sisi bawah, dengan ini maka ikan pari tidak dapat melihat mangsanya, sebagai gantinya mereka memanfaatkan bau dan electroreceptors (disembut ampullae dari Lorenzini) yang mirip dengan hiu. Makanan ikan pari terutama moluska, krustasea, dan juga ikan-ikan kecil. Pada mulut ikan pari terdapat dua gigi taring yang kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *