Tentang Hutan Dan jenis-jenis Hutan

Mengenal Tentang hutan dan jenis-jenisnya - Hutan adalah salah satu tempat yang di penuhi oleh pohon dan juga tumbu-tumbuhan yang lebat, fungsi dari hutan adalah untuk habitat hewan dan juga sebagai penampung karbondioksida, penghasil oksigen dan juga untuk menjaga pelestarian tanah. Dan yang penting juga sebagai hidrolika dan biosfer bumi yang sangat penting. pohon-pohon dalam hutan bisa berusia sampai dengan ratusan tahun dan juga bisa tumbuh sampai dengan puluhan meter.
Tentang Hutan Dan jenis-jenis Hutan


Pembagian hutan berdasarkan jenis tanaman


Pada hutan ada pohon dan tanaman di dalamnya, dan hutan di bagi menjadi heterogen dan hutan homogen. Hutan heterogen merupakan hutan yang ada di dalamnya beberapa jenis tumbuhan misalnya pohon karet, pinus, jati, Sedangkan hutan Homogen adalah hutan yang di dalamnya terdapat satu jenis pohon saja misalnya, hanya tanaman karet, hutan bambu, hutan jati, dan tanaman lainnya yang di sebut dengan hutan berdasarkan pohon yang ada di dalamnya.


Pembagian hutan berdasarkan tempatnya, ketinggian atau tempat yang rendah


Ini dibagi menjadi lima yang pertama adalah hutan pantai, ini adalah hutan yang tumbuh di sekitaran pantai misalnya hutan bakau. Kedua hutan gambut ini merupakan hutan yang ada di ekosistem basah. Ketiga hutan dataran rendah, ini merupakan hutan yang ada pada ketinggian 0-1200 m . Keempat hutan peggunungan rendah ini ada pada ketinggian 1.300-2.500 m di atas permukaan laut. Lima hutan pegunungan atas yang berada pada ketinggian lebih dari 3.500 mdpl.


Hutan Berdasarkan Iklim

  • Hutan Mangrove adalah hutan yang berada di pantai, dan tumbuh pada tempat yang terjadi akumulasi bahan organik misalnya teluk, muara sungai dan juga pantai.
  • Hutan sabana ini merupakan hutan dengan padang rumput yang luas dan curah hujanya rendah dan dengan pohon yang sedikit.
  • Hutan yang Tumbuh di daerah rawa disebut dengan hutan rawa
  • Hutan hujan tropis yang merupakan hutan lebat yang berada di garis khatulistiwa, di daerah ini memiliki curah hujan yang sangat tinggi dengan ini maka hutan ini memiliki kelembaban yang tinggi, humus dengan tanahnya yang subuh dan basah.
  • Hutan musim merupakan hutan yang memiliki curah hujan yang tinggi dan juga kekeringan yang panjang.
Hutan Sebana di bagi dua yaitu hutan sabana murni dan juga hutan sabana campuran.


Hutan berdasarkan fungsinya

  • Hutan produksi adalah hutan yang digunakan sebagai tempat produksi
  • hutan lindung ini merupakan hutan dijadikan sebagai untuk melindungi kelestarian tanah, air, dan apa saja yang ada di dalamnya untuk menyanggah kehidupan.
  • hutan wisata ini merupakan hutan yang dijadikan tempat wisata rekreasi
  • Hutan suaka merupakan hutan yang dijadikan sebagai tempat pelestarian flora dan fauna yang ada di dalamnya agar tidak punah.
Inilah Tentang Hutan Dan jenis-jenis Hutan yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat untuk anda semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *