Tumbuhan Bayam dan Jenis-jenisnya

Tumbuhan bayam dan jenis-jenisnya - Bayam di bedakan berdasarkan warna dan bentuknya serta karakteristik-nya yang berbeda-beda. Bayam kalau indonesia tumbuh subur dengan rasanya yang lezat bila di sayurkan dan juga pada bayam terdapat kandungan nutrisi yang penting pada tumbuhan bayam. Kalau di indonesia tumbuhan bayam terdapat beberapa jenis yang tumbuh subur, baik dengan budidaya dan tumbuh sendiri di pekarangan rumah.

Fakta tumbuhan bayam

Tumbuhan ini mempunyai fakta yang belum banyak di ketahui, kalau bayam dalam bahasa inggris kita mengenalnya dengan nama spinach, kalau dalam bahasa indonesia kita mengenalnya dengan nama bayam. Ternyata yang demikian adalah salah, spinach dan bayam merupakan dua tumbuhan yang berbeda. bayam yang ditemukan di indonesia di kenal dengan sebutan amaranth, dari jenis Amaranthus spp, sedangkan spinach merupakan tumbuhan sayur daun yang bukan bayam seperti orang-orang perkirakan.

Berikut ini adalah tumbuhan bayam yang terdapat di indonesia, dan ini dibedakan berdasarkan warna, bentuk dan karakteristik tumbuhan ini. 

Bayam petik atau bayam kakap (A. hybridus)

Bayam petik atau bayam kakap (A. hybridus)
Tumbuhan bayam petik banyak tumbuh di pedesaan secara liar, biasanya bayam ini cuma di petik daunnya saja. bayam ini memiliki daun yang lebih tebal dan juga lebih besar di bandingkan dengan bayam biasa yang dijual di pasar-pasar. bayam ini banyak dijadikan sebagai lalapan dan di tumis dan juga digunakan sebagai pembuatan keripik bayam.

Bayam cabut (A. Tricolor)
Bayam cabut (A. Tricolor)

Bayam cabut banyak di budidayakan dan kalau sudah saatnya di cabut dan dijual di pasar-pasar. bayam ini cukup lunak karena banyak ini di panen dalam keadaan masih muda, pada saat panen tumbuhan ini paling lama 25 hari.

Bayam duri (A. Spinosus L.)
Bayam duri (A. Spinosus L.)

Bayam ini hampir sama dengan bayam petik, namun bayam ini lebih kurus dan memiliki daun yang runcing, pada cabangnya terdapat duri-duri. Bayam ini biasanya digunakan sebagai obat alternatif. yang dapat digunakan untuk pengobatan bisul, demam, TBC, eksim, sakit tenggorokan dan lainnya.

Bayam itik (A. Blitum)
Bayam itik (A. Blitum)

Tumbuhan bayam jenis ini memiliki daun yang kecil dan halus, dan memiliki daun yang kecil dari pada bayam cabut. bayam ini memiliki warna merah pada tegah daun dan pada bagian pinggir dengan warna hijau.

Bayam merah 
Bayam merah

Ini bayam memiliki ciri khas tersendiri yaitu memiliki warna yang merah dari mulai daun nya yang merah hingga batangnya berwarna merah.

Inilah yang dapat saya bagikan untuk hari ini dalam blog Anek Uteun yang mungkin anda belum mengetahuinya , semoga ini bermanfaat untuk anda dan terima kasih telah baca-baca di blog saya ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *