Tumbuhan Gadung Racun

Tumbuhan Gadung Racun
GADUNG RACUN
Tumbuhan Gadung Racun merupakan tumbuhan yang masuk dalam suku gadung gadunga Dioscoreaceae, ini merupakan salah satu tumbuhan umbi-umbian yang populer tapi kurang di perhatikan. Gadung ini umbinya dapat di makan dan bila pengolahannya tidak tepat maka dapat memabukkan dan dapat mengakibatkan mual-mual, pusing dan muntah-muntah ini bila pengolahannya tidak tepat. Di indonesia tumbuhan ini di kenal dengan gadung racun dan juga di sebut dengan Jeneng.

Hasil olahan umbi gadung racun dapat di makan, dan banyak di jadikan keripik, dan rebusannya dapat di makan, dan dapat dijadikan arak dengan melalui tahap fermentasi.

Dalam umbi gadung terdapat zat kimia yang di kenal dengan Dioscorin (C13 H19 O2N),  dan bila zat ini kita konsumsidan masuk ke dalam tubuh maka akan mengakibatkan pusing. Sepotong umbi gadung sebesar buah apel maka dapat membunuh satu orang dewasa dalam 6 jam. Efeknya terasa tidak nyaman di tenggorokan dan terasa terbakar, dan juga mengalami pusing, rasa tercekik, muntah darah, kelelahan dan mengantuk.

Selain itu tumbuhan umbi gadung juga mengandung bahan kimia lain di antaranya  amilum, saponin, CaC2O4, besi, antidotum, protein, kalsium, lemak, garam fosfat, dan vitamin. Zat yang beracun dan merugikan dalam gadung ini yaitu berupa asam sianida (HCN), yang digunakan untuk meracun ikan dan juga untuk mengendalikan tikus.

Dan umbi gadung ini memilik kandungan yang dapat di jadikan Insektisida nabati. Karena dalam gadung racun ini terdapat kandungan dioskorin, yang merupakan salah satu alkaloid yang bersifat racun untuk serangga, cacing, ulat dan juga tikus 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *