Tumbuhan Tuba Bisa Meracun Racun Ikan

Tumbuhan tuba merupakan salah satu tumbuhan yang membelit dan dapat tumbuh sampai dengan tinggi 10 meter, batangnya kecil-kecil atau lebih tepatnya sebesar jari tangan, ranting tua warnanya coklat dengan terdapat bintik-bintik bagikan jerawat. Dahan dengan warna merah gelap, Bunga zygomorf, agak perigin dan penampilan yang khas, tanda bunga yang ber sumbu dengan berambut rapat. Daun kelopak bersatu menjadi tabung. tumbuhannya mempunyai akar tunggal.
Tumbuhan Tuba Bisa Meracun Racun Ikan

Tumbuhan tuba di kenal juga dengan nama Darris, kalau dalam bahasa indonesia sering di sebut dengan tuba, Tumbuhan ini menyebar dari india sampai Irian jaya, dan juga di Afrika tumbuhan ini telah di budidayakan. Kalau di indonesia tumbuhan ini tumbuh sepanjang nusantara, yang banyak terdapat di pulau Jawa dan sumatera. Tuba dapat tumbuh pada dataran rendah sampai dengan dataran tinggi yang 1500 mdpl.

Tumbuhan tuba tumbuh di tempat yang tidak begitu kering, tumbuhnya di tepi hutan, tepi sungai atau hutan belukar yang liar. tumbuhan ini terdapat bahan kimia di antaranya adalah  rotenon, elliptone, deguelin dan toxicarol. Bagian yang sering digunakan adalah akarnya yang berperan sebagai  moluskisida, akarisida,  insektisida, nematisida dan digunakan untuk racun ikan, yang digunakan dari tumbuhan tuba adalah akarnya. Rotenone adalah racun yang berspektrum luas. dan sebagai racun perut dan racun kontak, bila terkenak  ini maka serangga berhenti makan, maka kematian serangga dalam beberapa jam atau beberapa hari. Orang-orang dahulu meracun ikan dengan tumbuhan ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *