Tumbuhan Gambir dan Manfaat

Tumbuhan Gambir dan Manfaat - Berikut ini saya akan bagikan tentang gambir, mungkin anda belum mengetahui apa itu gambir dan mungkin anda sudah tahu dan masih kurang paham tentang yang namanya gambir, berikut saya jelaskan tentang gambir yang mungkin anda belum mengetahuinya. dan gambir bukanlah salah satu stasiun kereta apai yang anda di indonesia. hehe

Gambir merupakan sejenis getah yang di keringkan yang berasal dari ekstrak daun dan ranting yang di keringkan, tumbuhan ini dinamakan dengan Uncaria gambir Roxb, Tumbuhan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, pada umumnya di indoensia menggunakan gambir ini untuk mengunyah sirih. Ini merupakan eksrak air panas dari tumbuhan yang namannya gambir juga yang kemudian di keringkan dan di cetak sehingga jadilah gambir yang sering kita lihat tersebut. Biasanya kalau di pasaran yang dijual-jual di pasar di namakan dengan gambier. Indonesia adalah negara utama yang menghasilkan gambir yang utama adalah di daerah Sumatera bagian Tengah dan Selatan.

Buah gambir bukanlah hasil dari tanaman melainkan dari olahan tumbuhan Uncaria gambir Roxb yang merupakan hasil dari beberapa kali ekstraksi sehingga menghasilkan bagaikan buah. Buah gambir yang di hasilkan dari olahan ini menghasilkan buah gambir yang warnanya putih, coklat adan ada pula yang warnanya hitam. Gambir menghsilakn aroma yang khas sehingga buah gambir sangat mudah untuk di kenali. Buah gambir ini bermanfaat untuk kesehatan dan juga  obat-obatan untuk menusia. 
Tumbuhan Gambir dan Manfaat
Tumbuhan Gambir

Pada buah gambir terdapat kandngan antioksidan yang tinggi di antaranya, katekin, alkaloid, dan zat penyamak, buah gambir banyak digunakan oleh para ibu-ibu dan nenek-nenek untuk menyirih ini bermanfaat untuk menguatkan gigi agar tidak mudah keropos dan patah, dan buah gambir banyak manfaat untuk kesehatan tubuh di antaranya buah gambir dapat mengobati sakit kepala atau migrain, mengobati diare akut, radang tenggorokan, mengatasi disentri, panas-dalam, penyakit yang meganggu kesehatan mulut dan gusi, luka bakar, sariawan dan bibir pecah-pecah.

Buah gambir kalau di makan memiliki rasa yang khas, kelat dan pahit, selain itu ini dapat memberikan kesehatan yang baik untuk badan dan tubuh, ini kita tak perlu khawatir lagi karena buah gambir banyak digunakan dalam dunia farmasi karena terdapat kandungan antiseptik alami yang dapat membantu dan mempercepat proses kesehatan dan penyembuhan.

Inilah yang dapat saya bagikan tentang Tumbuhan Gambir dan Manfaat bagi kesehatan yang mungkin anda belum mengetahuinya, sekian dan semoga ini bermanfaat untuk anda sekalian. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *