Tumbuhan Pemakan Serangga

Selain Hewan yang pemakan serangga ternayata tumbuhan juga ada yang pemakan serangga, tumbuhan pemakan serangga disebut dengan insektivora. Kalau contohnya adalah Kantung Semar, Sarasenia, Marsh Pitcher, Punggu Api, Famili Sundew, Badderwort dan Venus Flytrap. Ok Berikut ini adalah tumbuhan-tumbuhan pemakan serangga anek uteun bagikan untuk anda-anda sekalian.

Sarasenia (Saraccenia sp.)
Tumbuhan Pemakan Serangga
Serangga-serangga akan tertarik dengan warna, baunnya dan sekresi bagaikan nektar pada bibir mulut tumbuhan ini, dengan daya tarik ini ditambah dengan daunnya yang licin akan membuat serangga terjatuh kedalam dan akan mati dan di cerna oleh enzim protease dan enzim pencernaan lainnya.

Marsh Pitcher
Tumbuhan Pemakan Serangga

Ini sama dengan tumbuhan yang di atas daunnya yang berbentuk kantung. daun tumbuhan Marsh Pitcher terdapat dengan bulu-bulu yang bentuknya mengarah ke bawah. Bila ada serangga maka serangga tersebut akan tergelincir dan terjatuh, dengan segera serangga tersebut akan tenggelam ke dalam caiaran tersebut yang ada pada daunnya.
Bladderwort
Tumbuhan Pemakan Serangga
Tumbuhan ini menangkap serangga dengan menggunakan sulurnya yang panjang dan peka ini yang digunakan untuk menangkap serangga pada sulur tumbuhan ini terdapat kantung-kantung kecil yang mampu juga mengekstrak air. Pada setiap kantung memiliki pintu yang terdapat rambut-rambut halus maka bila rambut yang halus ini tersentuh oleh mangsanya maka akan mendorong mangsanya masuk.

Famili Sundew
Tumbuhan Pemakan Serangga

Tanaman ini dilengkapi dengan tetesan mengkilap pada ujung rambut daunnya, tetesan tersebut sangat lengket, ketika serangga terperangkap maka daunnya akan bergerak dan menutup, ini terjadi dalam kurang satu menit selesai.
Venus Fly Trap (Dionaea muscipula)

Punggu Api (Drosera burmannii)
Tumbuhan Pemakan Serangga
Serangga yang didapatkan oleh tumbuhan ini akan di ubah menjadi sari kental yang akan dimakan. menangkap serangga adalah salah satu cara tumbuhan ini mendapat tambahan makanan.

Tumbuhan Pemakan Serangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *