Adenium atau Kamboja Jepang

Adenium atau dikenal juga dengan nama Kamboja Jepang. (kamboja jepang sebenarnya tidak tepat untuk nama bunga ini, bunga ini berasal dari Asia Barat dan Afrika), buga Adenium banyak ditanam di area pemakaman. Tanaman ini berasal dari daeah gurun pasir dari dataran Asia barat sampai dengan Afrika.

Kalau nama di daerahnya adalah Mawar Padang Pasir (daser rose), karena tumbuhan ini berasal dari gurun pasir maka tumbuhan ini dapat tumbuh dan lebih baik pada tempat yang kering di bandingkan dengan tempat yang lembab atau basah.Disebut dengan nama Adenium karena sesuai dengan nama tumbuhan ini berasal dari daerah Aden yaitu sekarang ibu kota yaman.
Adenium atau Kamboja Jepang

Sebenarnya kamboja adalah salah satu jenis Plumeria, dengan karabatnya jauh dengan adenium, dengan perbedaannya sebagai berikut: 
  • Adenium berbatang besar atau yang mirip dengan umbi, dengan ciri tanaman kecil dan daun kecil panjang, dan akar adenium membesar yang mirip dengan umbi.
  • Plumeria dengan bantang kecil memanjang tampa bentuk umbi, sedangkan cirinya dapat tumbuh besar dan tinggi dengan bentuk daun panjang dan besar.
Akar tumbuhan adenium berbentuk besar yang bagaikan umbi adalah untuk penyimpanan air di saat kekeringan, dan bila akarnya yang besar tampil ke permukaan tanah maka akan tampil ciri khas yang unik bagaikan tanaman bongsai. Batangnya lunak tidak berkayu yang disebut dengan sukulen, dan bisa membesar.
Adenium atau Kamboja Jepang

Sedangkan tunas-tunas samping dapat tumbuh di batang mata tunas atau pada tempat bekas daun yang gugur. Mata tunas ini dapat tumbuh bila pucuk tanaman di potong. kebanyakan orang melakukan pemotongan untuk mendapatkan daun baru dan agar nantinya bunga yang tumbuh lebih serempak. Daun adenium terdapat dengan berbagai macam di antaranya, besar, kecil, lonjong, runcing dan juga ada yang terdapat bulu halus pada daunnya.

Terdapat dua jenis adenium yaitu kelompok species (jenis asli) dan varietas (jenis hasil pekawinan agar mendapatkan bentuk baru).

Spesies adenium asli asli yaitu:
Adenium Arabicum, dengan bunga perpaduan antara putih dan pink. Bentuknya berbonggol pendek dan besar, dan juga banyak batang yang mucul pada bonggol tersebut. Dengan petalnya berukuran sekitar 5 cm.
Adenium atau Kamboja Jepang

Adenium obesum, dengan bonggol besar dan memanjang ke atas, dengan bantanya tumbuh di atas bonggol, dan di atas batang terdapat percabangan dengan bunganya perpaduan antara merah dan putih. Dengan bunganya yang besar anatara 5 cm lebih.

Jenis yang lain di antaranya adalah Adenium bohemianum, Adenium swazicum, Adenium somalense,  Adenium Socotranum.

Dalam proses penyerbukan bunga tanaman ini dapat dilakukan oleh bantuan manusia, dengan penyerbukan angin yang disebut dengan Anemophilous, kalau di lakukan oleh serangga disebut dengan Entomophilous, kalau di lakukan oleh manusia dengan memindahkan benang sari ke putik bunga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *