Ikan Gurame atau Ikan Kaloi

Ikan Gurame merupakan salah satu ikan yang berasal dari Indonesia, Thailand, Malaysia, Indochina dan India. Kalau di indonesia ikan gurame berasal dari pulau Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Ikan gurame di beberapa daerah di kenal dengan ikan kaloi, kalau di thailand dikenal dengan nama Pla Rad.

Ikan Gurame adalah salah satu ikan dari spesies terbesar sub ordo Anabantoid. Anabantoid merupakan bahasa yunani yang artinya "beranjak ke atas", Ikan ini biasanya naik ke permukaan untuk menghisap udara bebas. Anabantoid terdapat organ pernafasan khusus yang disebut dengan labirin. Ini merupakan organ yang terdiri dari banyak lipatan membra berstruktur menyerupai labirin yang rumit, labirin in kaya akan darah yang memungkinkan untuk transfer oksigen yang dihirup ke sistem peredarah darah ikan gurami. Dengan demikian maka ikan gurami dapat hidup pada tempat yang rendah dengan oksigen, dan juga labirin ini bisa membuat buih atau gelembung untuk sarang telur mereka. Ikan-ikan yang demikian adalah ikan cupang, ikan betok dan ikan sepat.
Ikan Gurame atau Ikan Kaloi

JENIS-JENIS IKAN GURAMI

Nama: Osphronemus goramy 
Nama lain: True goramy

Nama: Osphronemus exodon
Nama lain: Elephant Ear Gourami

Nama: Osphronemus laticlavius
Nama lain: Red Tail Giant Gourami, Ikan Kaloi Sabah

Nama: Osphronemus septemfasciatus
Nama lain: Seven Striped Giant Gourami

Nama: Osphronemus goramy var.
Nama lain: Red Eye Giant Gourami, Gurame Padang

HABITAT
Pada umumnya ikan gurami menempati air tawar, rawa-rawa, danau dan sungai, dan ikan gurami tidak dapat diteukan di tempat yang berarus deras, dengan ini maka dapat di simpulkan bahwa ikan gurami menyenangi tempat yang tidak beberarus deras, dan juga keruh, dan mereka cepat beradaptasi dengan lingkungan. 
Selain itu ikn gurami juga banyak dibudidaykan berdampingan dengan ikan lain contohnya ikan nila, mujair dan tawes. Dalam budidaya gurami pada air kolam harus di berikan garam yang rutin agar terhindar dari penyakit.

MAKANAN
Pada saat masih kecil ikan gurami memiliki pola makan yang khas dan unik, mereka memakan karnivora contohnya kutu air, jentik nyamuk, bloo worm dan cacing sutera dan juga hewan kecil-kecil lainnya. Kalau sudah dewasa mereka menyenangi dedaunan seperti, keladi/talas, daun pepaya, daun singkong, ubi jalar,  kangkung dan lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *