Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Minyak Zaitun telah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu minyak zaitun telah menjadi bagian yang digunakan dalam program diet. Tumbuhan zaitu telah ditemukan di Mediterania, dan dengan kesadaran manfaat tumbuhan ini popularitasnya melonjak di seluruh dunia.

Minyak zaitun kaya akan kandungan polifenol yang berbeda, seperti fenol sederhana, flovon, terpen, asam hydroxycinnamic, flavonol, anthocynin, glikosida, flavonoid, lignan dan juga asam hidroksibenzoat, semua kandungan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini saya akan bagikan beberapa manfaat yang tersembunyi pada minyak zaitun.
Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

1. Menurunkan Tingkat Kolesterol

Minyak zaitun sangat baik untuk membangtu menurunkan LDL (low-density lipoprotein) ini merupakan kolesterol yang dipercaya dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah, dalam minyak zaitun terdapat kandungan oleocanthal serta oleuropein yang dapat melindungi molekul LDL dari kerusakan oksidatif, kerusakan ini dapat meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular.

Selain itu minyak zaitun juga bermanfaat untuk meningkatkan HDL (high-density lipoprotein) kolesterol dalam tubuh yang dapat berperan untuk melindungi dan mencengah membekunya darah, inilah yang bisa mengakibatkan serangan jantung dan stroke.

2. Dapat Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Menurut dalam sebuah studi tahun 2000 yang di muat dalam Archives of Internal Medicine, bagi orang yang mengalami tekanan darah dapat mengurangi mengkonsumsi obat merak dan mencoba menggunakan extra virgin Olive oil pada menu diet mereka.

Pneliti percaya bahwa asam oleat pada minyak zaitun mudah untuk diserap tubuh, dan ini dapat menurunkan tekanan darah, minyak ini juga bermanfaat untuk memperlambat penuaan hati, karena terdapat kandungan lemak tak jenuh yang sehat. Anda bisa menggunakan extra virgin Olive untuk memasak dan membuat salad dressing.

3. Mengatasi Peradangan

Minyak zaitun dapat berkerja sebagai anti-inflamasi kuat, ini bermanfaat untuk membantu mengurangi perandangan kronis, yang akan menyebabkan terjadinya banyak penyakit. seperti kanker, penyakit jantung, sidrom metabolik, diabetes, arthritis dan alzheimer.

pada sebuah studi 2005 oleh Monell Chemical Senses Center minyak zaitun ini terdapat kandungan zat non-steroid anti-inflamasi yang dapat menghambat aktifitas enzim siklooksigenase (COX). inilah yang dapat mengakibatkan peradangan dalam tubuh.

4. Mencegah Kanker 

Minyak zaitun terdapat kandungan yang dapat menurunkan resiko terkenak kanker jenis tertentu. Polifenol zaitun bertindak baik senbagai antioksidan dan juga senyawa anti-inflamasi sehingga mampu melindungi sel dari stres oksidatif dan inflamasi. dan juga antioksidan minyak zaitun dapat melindungi DNA (asam deoksiribonukleat) dari kerusakan oksidatif, dan dengan ini dapat membatu sel dalam tubuh menjadi lebih baik.

5. Mencegah Diabetes

Minyak zaitun juga dapat bermanfaat untuk mengobati diabetes, ini mampu mengotrol gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. dan juga minyak zaitun terdapat lemak tak jenus yang dapat membantu menjaga kadar trigliserida.

Inilah yang dapat saya bagikan tentang Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Tubuh Manusia. Mungkin lain kali akan membagikan yang lebih banyak lagi tentang minyak zaitun. Semoga ini bermanfaat untuk anda sekalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *