Sekilas Tetang Kerang Darah

Kerang Darah atau disebut juga dengan Anadara Granosa merupakan salah satu kerang dalam kelas bivalva famili Archidae dan anadara. Bentuk kerang ini bulat kipas, lonjong dan memiliki belahan yang simetris, kerang ini terdapat garis palial pada cangkangnya sbelah dalam lengkap dan garis parial pada bagian luar beralur. cangkangnya bagian dalam putih mengkilap dengan warana dasarnya putih kemerahan. bagian dalam atau dagingnya berwarna merah dan ukurannya mencapai 4 cm. 
Sekilas Tetang Kerang Darah

Disebut dengan kerang merah, pada kerang ini terdapat pigmen darah merah/haemoglobin yang disebut dengan Bloody Cockles, dengan ini maka kerang ini dapat hidup pada kadar oksigen rendah, dan kerang ini dapat hidup walaupun kerang ini sudah di panen walaupun kondisinya tampa air. Pada biasanya penjual menjual kerang-kerang ini dengan cangkangnya yang masih tertutup rapat. Bila kerang ini sudah tidak hiudup lagi maka cangkangnya agak terbuka dan perlahan akan menimbulkan bau busuk.

Ciri-ciri kerang ini memiliki dua cangkang yang tebal dan ellifs dengan ukuran yang sama, cangkangnya berwarna putih dan ditutupi oleh Periostrakum dengan wartna kuning kecoklatan samapi dengan coklat kehitaman. Kerang Darah merupakan hewan lunak, mereka hidup dalam perairan berlumpur. Mereka hidup dengan membenamkan diri dalam lumpur yang berpasir pada perairan pasang surut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *