Cara Menanam Jambu Madu Dalam Pot

Jambu Madu merupakan salah satu tanaman yang sulit dalam penanamannya, ini bila anda tidak mengetahui cara penanamannya, kalau memang anda serius untuk membudidayakan jambu madu ternayata gampang untuk menumbuhkan tumbuhan jambu ini dan berbuah dengan baik. Sebenarnya untuk penanamannya mudah di lakukan dan media tanam sangat mudah di temukan. Alat-alatnya mungkin terdapat dilingkungan kita. Sekarang ini sedikit dari saya akan membagikan tentang cara penanaman jambu madu.
Cara Menanam Jambu Madu Dalam Pot

  • Pertama anda siapkan pot atau polibet dengan ukuran sekitar 60 atau 60x70, kalau saran saya pot lebih baik di gunakan dari pada polibet, karena menggunakan pot lebih tahan lama dari pada menggunakan polibet yang tidak bertahan lama. Kalau anda menggunakan pot maka lobangin dulu.
  • Anda dapat menggunakan kompos sebagai media tanam contohnya seperti kotoran lembu, kambing atau ayam yang sudah lama. Untuk keseburan tanaman jambu ini sangat tergantung dengan kompos yang anda berikan, semakin bagus anda memberikan kompos untuk tanaman ini maka semakin cepat besar tanaman jambu anda dan berbuah.
  • Tanah yang subur atau khumus, contohnya sperti bakaran atau tanah yang sehat, jangan menggunakan tanah kuning, yaitu tanah untuk menimbun untuk pembagunan.
  • Sekam padi, ini berfungsi agar tanah yang kita gunakan jangan terlalu padat, selain itu anda juga bisa menggunakan jonggos limbah sawit, ini juga dapat berfungsi sebagai pupuk untuk batangnya.

Cara Penanaman
  • Campurkan tanah, kompos dan sekam padi, dengan ukuran 50% tanah, 20% sekam, dan kompos 30% pada tempat yang terpisah.
  • Kemudaian masukkan ke dalam pot atau polibet yang anda gunakan sampai ketinggian 5 cm.
  • Selanjutnya ambil bibit jambu madu dan masukkan ke dalam polibet atau pot yang anda gunakan, koyakkan polibet dasar bibitnya, dan masukkan ke dalam pot atau polibet yang sudah di campurkan dengan bahan tadi.
  • Kemudian masukkan lagi bahan tadi, tanah, sekam, dan kompos ke dalam polibet atau pot sampai tanah bibit jambu madunya.
  • Kalau menggunakan polibet anda bisa melipat polibet agar jangan sampai ketinggian.

Catatan: Tanah yang di isi ke dalam polibet atau pot segaja tidak penuh agar dapat menambahkan dengan bertahap di saat jambu madunya sudah mulai besar, agar mendapatkan kompos atau pupuk yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *