Tumbuhan Pandan Berduri

Tumbuahan pandan beduri merupakan salah satu jenis pandan yang pada ujung daunnya terdapat duri duri yang tajam, bila kita terkenak duri durinya akan tergores kulit kita, bisa bisa akan berdarah. Dengan ini maka dinamakan dengan pandan berduri.


Setahu saya tumbuhan ini banyak tumbuh di pantai dan semak semak di hutan, kalau di pantai tumbuh sampai tinggi dan terdapat buah dengan warna hijau bila sudah masak maka buahnya akan berubah menjadi warna merah yang khas. Tumbuhan pandan berduri dapat melindungi pantai dari erosi ombak.


Orang orang dahulu sering menggunakan daun pandan berduri untuk membuat tikar, dibelah belah, di bersihkan durinya, sampai di tenun menjadi tikar untuk tempat duduk atau tempat tidur. Sebagian orang orang saat ini masih menggunakan daun ini untuk bahan pembuatan tikar, tapi sudah jarang, karena banyak sekali tikar tikar plastik yang di jual sekarang ini di pasar pasar.


Inilah yang saya tahu tentang tumbuhan pandan berduri semoga menambah wawasan anda tentang alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *