Bisa Ular Kobra

Ular kobra merupakan salah satu yang banyak orang takuti, bagi para pawang ular kobra salah satu binatang yang bisa dijadikan sebagai mainan, bahkah ular kobra di panggungkan sama penari. Bagi orang pastu banyak yang mengenal dengan ular kobra dan tak asing lagi, kalau saya sendiri kalau jumpa sama ular yang satu ini, maka saya lebih memilih kabur dari pada main main sama ular ini, kalau pun saya bunuh pasti ngak tega juga " kasian".

Ular kobra atau dikenal juga dengan ular sendok merupakan salah satu ular berbisa dari suku Elapidae. Disebut dengan ular sendok karena ular ini membukakan lehernya dengan lebar di saat mereka menjupai musuh.  Leher yang di bukakan pada saat mereka jumpa sama musuh mirip dengan sendok yang sering kita gunakan untuk makan (sendok sayur).

Istilah kobra merupakan sebutan orang indonesia, ini di adobsi dari bahasa inggris dan merupakan istilah yang diguanakan juga dalam bahasa portugis, pada umumnya orang-orang menyebutnya dengan cobra dan juga dalam bahasa latin colobra (coluber atau colubra), yang artinya ular. Pada saat pelaut portugis pada abad ke-16 tiba di Afrika dan Asia Selatan. mereka menamai ular kobra dengan nama cobra-capelo, "ular bertudung", dengan istilah inilah banyak orang-orang yang menamakan ular ini dengan istilah-istilah ini dalam bahasa inggris, prancis dan bahasa lainnya.

Setelah kita mengetahui dengan singkat tentang ular kobra maka sekarang ini kita akan membahas tentang bisa ular kobra. Semburan bisa ular kobra dapat membutakan mata manusia, ini mampu dijangkau oleh ular kobra sampai jarak 6,5 kaki, semburan bisa ular ini kelihatannya sangat tepat dalam jangkauannya, dengan melepaskan semburan ke atas ini masih menajadi suatu misteri pada ular ini.

Semburan ular ini dengan bentuk geometris dengan ular yang bergerak bersiku kecil dengan mengikuti mangsanya, dengan sesekali mereka menyemburkan bisa dan memereka mengerak gerakkan kepalanya untuk membidik sasaran yaitu mata mangsanya.

Dalam penelitian mereka tidak melepaskan semua bisanya saat menyemburkan bisanya, bisa ular kobra menyembur dengan geometris unik, dengan bentuk oval, dalam penelitian ilmuan berpendapat ini adalah untuk meningkatkan gaya semburan yang dilepaskannya dan tepat sasaran mata lawan.

Bisa yang disemburkan ular kobra bisa menyebabkan buta permanen, bisa juga akan menembus mata yang terbuka dan terus memasuki badan korban, ini bisa sampai menyebabkan gangguan sistematik.

Jenis Kobra di Indonesia

Menurut penelusuran saya, dan setahu saya kalau ular kobra yang disebut dengan ular sendok terdapat dua jenis ular kobra yaitu King Cobra dan Cobra Jawa.

King Cobra
King Cobra atau Ophiopagus Hannah mereka memiliki ukuran 2-5,5 meter saat mereka dewasa, habitat asli dari ular ini adalah daerah dataran rendah, hutan tropis dan kadang mereka tinggal di padang rumput dengan ketinggian sampai 1800 meter dpl. Ular ini kalau di indoensia dapat di temukan di Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan.

Cobra Jawa
Cobra Jawa atau Naja sputatrix, memiliki ukuran 1.3 sampai 1.85 meter disaat dewasa, habitat asli ular ini sawah, pada padang rumput terbuka, sungai hutan tropis, sesuai dengan namanya kalau ular ini hanya dapat di jumpai di pulau jawa. 

Tentang bisa maka jenis ular ini sama dengan king kobra yaitu memiliki racun yang disebut dengan Postsynaptic neurotoxins, kalau anda tergigit maka akan memar, rasa sakit, necrosis, sakit dan pembusukan.

Berikut ini satu satu Kobra yang jalan-jalan di depan rumah warga di kecamatan Pante bidari (Lhoknibong), Aceh. Ini sempat saya rekam dengan ponsel saya. Kalau menurut saya sih ini king kobra, saya tidak berani mendekat. hehe
video

Enam Jenis Ular Kobra Dibenua Afrika yang Sangat Beracun

Anchieta's Cobra
Kobra ini merupakan salah satu ular kobra dari keluarga Elapidae. Untuk ular ini dapat di temukan atau habitatnya di Afrika selatan. Anchieta Cobra ini memiliki bisa yang sangat berbahaya dan mematikan.


Forest Cobra

Ini merupakan salah satu jenis kobra terbesar di benua Afrika. Kalau ulara kobra yang jenis ini dapat ditemukan di daerah Afrika Barat dan Teugah, merek mendiami daerah dataran rendah hutan hutan yang lembab.
The Cape Cobra
Kalau ini disebut dengan Cobra kuning, habitat dari kobra ini di gurun daerah afrika selatan dann juga mereka hidup di hutan savana kering, kalau cobra ini biasanya yang jadi makanannya segala termasuk bangkai, kalau makanan favoritnya adalah burung.


Black Spitting Cobra

Nah kalau yang ini banyak hiudp di gurun sahara, Afrika, ukurannya berkisar panjang 1,2-2,2 meter, dan memiliki warna yang bervariasi. Makanan favorit mereka adalah tikus-tikus kecil.

Nubian Spitting Cobra
Ini merupakan salah satu kobra yang kebiasaannya meludahi mangsa atau lawannya dengan bisa yang beracun, kalau habitat dari kobran ini adalah timur laut di benua afrika.


Snouted Cobra

Ular kobra yang satu ini salah satu ular yang relatif besar, dengan ukuran panjang 1,2-1,8 m, bisa juga sampai 2,5 meter kalau dewasa. Warna mereka bervariasi antara kuning, kecoklatan, abu abu, ada pula yang coklat tua dan biru kehitaman.
Inilah yang bisa saya tulis tentang ular kobra, ini dari saya baca-baca di internet, semoga menambah tentang pengetahuan tentang ular ini. Bila ada kesalahan, atau ingin menambahkan bisa anda tulis di komentar di bawah. Sekian Terima kasih dan Selamat Malam saat saya nulis ini, bila anda membaca di saat siang maka saya ucapakan selamat siang, Begitu pun dengan Waktu yang lainya,, :D Terima kasih. P_KO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *