Buah Noni atau Mengkudu (Morinda Citrifolia)

Buah noni atau Mengkudu (Morinda Citrifolia) atau buah ini dinamakan juga dengan pace. kalau dalam bahasa Aceh disebut dengan Kuemude, ini merupakan salah satu buah menurut beberapa sumber yang asli indonesia. Pasti banyak orang yang mengenal dengan tanaman ini. Tanaman ini dikenal dengan buahnya yang banyak manfaat dan dapat menyembuhkan beberapa penyakit.
Buah Noni atau Mengkudu (Morinda Citrifolia)


Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri tanaman Mengkudu

Pohon
tanaman ini tidak terlalau besar biasanya tanaman ini tumbuh dengan 3 meter kalau maksimalnya bisa sampai 8 meter, dengan batangnya yang bengkok dan daun kaku, akar tunggal tertancap dalam tanah, warna kulit batang coklat, beralur dangkal, dengan anak cabang bersegi 4.

Daun
Dauan tanaman buah noni ini besae dan tunggak, dengan daunnya yang bertangkai dan bentuknya bulat telur pada umumnya daunya berbentuk elips, dengan daun runcing warna hijau mengkilap, dengan ukurannya 5-17 cm.

Bunga
Bunga tanaman ini berbentuk bongkol tangkai 1-4 cm rapat, berbunga banyak di ujung batang ranting dan juga di batang, bunganya harun dengan mahkota berbentuk tabung terompet, dengan leher berbentuk wol, benang sari berjumlah 4, tumbuh menjadi satu mahkota sehingga berukuran besar.

Buah
Buah tanaman ini bulat dengan bentuk telur ayam atau lonjong, pada permukaan buah terbagi dengan sel polgonal (persegi banyak) berkutil yang berbintik-bintik, pada saat muda buahnya hijau dan akan menguning ketika buahnya sudah matang dan daging buahnya lunak. Kalau sudah tua buah ini akan jatuh ke bawah pohon. 

Biji
Warna bijinya hitam, dengan terdapat albumen yang kerasdan ruang udara yang tampak jelas (pori-pori) biji ini tahan sampai 6 bulan walau di simpan, dan akan berkecambah.

Manfaat Buah Noni atau Mengkudu

Segaja saya menulis tentang ciri-cirinya di atas mungkin anda belum mengenal tanaman ini, pastinya banyak orang indonesia yang sudah mengenal tanaman ini. buah tanaman ini rasanya pahit dan tidak banyak oarang yang menyukai buah dari tanaman mengkudu, dengan rasanya yang pahit dan jarang orang yang menyukai buah noni ini, teryata banyak khasiat dari buah ini yang sangat membantu dan banyak di percaya di Indoensia, ini sangat membantu dunia kesehatan, buah mengkudu yang masih muda bewarna hijau dengan banyak totol di permukaan buahnya yang berwarna hitam.

Jika buahnya sudah tua maka buahnya akan berubah warna putih sampai kuning, buahnya akan berguguran ke tanah. Ternayata buah dan daun mengkudu telah sejak lama di gunakan sebagai obat atau tanaman herbal ini sejak 2000 tahun lamanya. Pada awalnya mengkudu di percaya sebagai obat untuk mengatasio nyeri dan obat pembersih internal, dan selanjutnya dari penelitian-penelitian maka buah ini dapat dipergunakan untuk obat lainnya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaat Buah Mengkudu
Manfaat buah mengkudu karena dalam buahnya terdapat 150 kandungan fitonutrien, adapaun fitonutrien merupakan zat tambahan yang lainnya yang ditemukan pada mengkudu selain kandungan mineral dan juga vitamin. Zat-zat inilah yang berfungsi untuk anti-virus, anti-bakteri dan anti inflamasi. selain itu juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan bisa memperbaiki sel-sel dalam tubuh. 

Pada buah mengkud dipercaya tedapat efek analgesik dalam tubuh, dengan ini di percaya meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai macam penyakit, dan termasuk kanker, Vitamin A, B kompleks, C, kalium, sulfur, asam amino, fosfor dan juga kalsium ini sangat bermanfaat bagi tubuh. Maka dengan mengkonsumsi mengkudu maka anda akan menguntungkan dari segi kesehatan tubuh anda.

Daun Mengkudu
Ternyata tidak pada buahnya saja yang sangat banyak manfaat, daunnya juga bisa bermanfaat, dan memiliki khasiat dalam daunnya, pada daunnya juga bisa bermanfaat untuk kesehatan dan kencantikan, dan daun tanaman ini bisa anda olah untuk di konsumsi untuk penganti sayur.

Daun mengkudu bisa digunakan untuk menyembuhkan ambeien secara alamai, perut kembung pada anak. Kalau dalam kecantikan daun mengkudu dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat secara alami dan obat pelangsing tubuh.

Manfaat Buah Menkudu Untuk Kesehatan

Meredakan Nyeri Haid (gejala PMS)
Kandungan dalam buah mengkudu ternyata sangat bermanfaat untuk sakit saat PMS atau ketika menstruasi, buah mengkudu bisa menimalisir perubahan hormon saat PMS sehingga sidrom menstruasi bisa diatasi, seperti dapat mengurangi rasa sensitif, dan mood yang berubah ubah saat mentsruasi. 

Mencegah kanker
Buah mengkudu ini dapat melawan kanker pada orang yang mengkonsumsinya, buah mengkudu dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker pada tubuh, adapun kanker yang dapat di cegah oleh buah mengkudu adalah kanker serviks. 

Dapat Mengatasi kulit Bersisik
kulit kering dan berisisik ternayata dapat kita atasi dengan buah ini, pada bagian kulit yang bersisik gosok dengan buah mengkudu yang merata, dan biarkan sampai 10 menit selanjutnya bersihkan menggunakan yang dibasahi dengan air hangat.

Dapat Menyehatkan Tulang
Buah mengkudu tak hanya bisa mengatasi penyakit saja, tapi buah mengkudu dapat menjaga tulang anda,  dengan kandungan metil asetil, morindone, dan kapril. dengan kandungan ini maka dapat menjaga meningkatkan kekuatan tulang-tulang dalam tubuh, ini bisa anda meminum jus mengkudu secara teratur.

Sekian yang dapat saya bagikan dengan khasiat atau ciri ciri tanaman mengkudu, terima kasih sudah baca-baca di blog saya ini, semoga dapat meluaskan pemahaman anda tentan alam, terima kasih.

Comments
1 Comments

1 komentar:

  1. Temukan manfaat buah lainnya di Anek Uteun... makasih telah baca-baca di blog saya ini..!!!

    BalasHapus

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *