Ikan Tuna Sirip Biru

Ikan Tuna Sirip Biru (Thunnus thynnus) ini merupakan salah satu ikan tuna dalam keluarga Scombridae. Ukuran ikan tuna ini tergolong besar dengan berat bisa mencapai 150 kilogram. Ikan ini salah satu ikan asli Samudera Atlantik barat dan timur dan laut teugah.  ikan tuna biru atlantik diperkirakan telah punah di laut hitam.

Kalau ikan tuna sirip biru atlantik bisa mencapai 450 kilogram, dalam sejarah ikan ini di hargai sebagai ikan pangan. Dengan nilai komersialnya sebagai ikan pangan dan juga keistimewaan ikan yang satu ini dengan ukuran yang besar. Kekuatan dalam hal predator sangat di kagumi oleh nelayan dan ilmuan.

Ikan tuna sirip biru atlantik ini menjadi dasar bagi prikanan komerdial dengan sangat menguntungkan. untuk ikan ini yang berukuran sedang dan besar sangat di cari dan di buru untuk diperjual belikan di pasar, salah satunya adalah negara jepang dimana ikan tuna sirip biru dijadikan hidangan Sashimi dan sushi.

Para pencinta makanan dimakan ikan seperti ini sangat di perhatikan dalam pengolahannya sebagi makanan favorit. Ikan ini jika di olah dengan tepat maka akan mengahasilkan rasa yang lezat, dan juga banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti kandungan omega 3.

Bagi orang yang pencinta Seafood seperti makanan Sushi maupun lainnya yang berkelas internasional tidak asing dengan ikan tuna bersirip biru. Ikan ini dikenal juga dengan nama Bluefin Tuna.

Ikan bluefin merupakan ikan yang sangat besar yang bisa mencapai 225-250 kilogram, iakn ini di hargai dengan sangat mahal, seperti di jepang dan Tokyo bisa mencapai US$70.000. Sekarang ini menurut para peneliti dunia disaranakan orang-orang tidak memakan ikan yang satu ini lagi. karena Bluefin sekarang ini sangat langka dan masuk dalam 10 binatang yang hampir punah di bumi ini, dan dalam daging ikan bluefin terdapat juga kandungan merkuri yang bahaya untuk kesehatan manusia. Khususnya ini bagi ibu hamil, anak-anak dan ibu lagi menyusui.

Kalau bagi para peneliti dari beberapa sumber ikan ini mengandumng merkuri karena mereka merupakan salah satu prdator laut yang memakan ikan-ikan kecil yang di jumpainya, ikan-ikan kecil yang terkontaminasi oleh penggunaan bahan peledak dan juga limbah-limbar dilautan yang banyak dimakan oleh ikan ini. Maka dengan ini ikan tuna sirip biru meyebabkan penumpukan zat merkuri dan tubuh ikan ini. dengan lebih tua dan lebih besar ikan ini, maka lebih sangat beresiko akan zat merkuri di ikan tuna sirip biru.

Ikan Tuna Sirip Biru

Wah ternyata ikan ini bahaya juga sekarang ini untuk manusia. Ini saya dapatkan dari beberapa sumber yang mebahas tentang ikan ini. sekian semoga ini bermanfaat tentang ikan tuna sirip biru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *