Tanaman Daun Beluntas

Tanaman Daun Beluntas ini merupakan tanaman semak yang banyak khasiat bagi kesehatan, tumbuhan Beluntas bercabang banyak, berusuk halus, dan berbulu lembut, tanaman ini merupakan tanaman liar dan juga di tanam untuk tanaman pagar. tanaman ini bisa tumbuh sampai dengan 3 meter bila tanaman ini tidak di pangkas, tanaman ini banyak di jadikan sebagai tanaman pagar di pekarangan rumah. Tanaman ini dapat tumbuh di daerah yang tanah yang kering, dan dapat tumbuh di dataran tinggi maupun dataran rendah. Pada ketinggian 1000 meter dari permukaan laut. Beluntas memerlukan cahaya matahari full atau sedikit naugan. Kalau untuk perbanyakan tanaman ini bisa digunakan stek batang yang sudah tua. 
Tanaman Daun Beluntas

Pada ciri-ciri tanaman Beluntasyaitu berbatang dan bertangkai pendek, dengan daunnya yang berselang seling, dengan daunnya yang bulat dengan menyerupai telur sunsang, pada ujung daunnya bulat lancip. pada pinggir daun bergerigi dan warna hujau terang, bunga Beluntas keluar pada ketiak daun atau pada ujung cabang. dengan bentuk bonggol bunga, bergagang atau duduk, dengan warna ungu. bentuk buahnya bagikan gasing, longkah dengan warna coklat pada sudutnya putih.

Walaupun tanaman Beluntas merupakan tanaman semak, akan tetapi tanaman ini banyak khasiat bagi kesehatan. Diantaranya adalan untuk meningkatkan nafsu makan. dapat membantuk melancarkan pencernaan, bisa meluruhkan keringat, menghilangkan bau mulut dan bau badan, nyeri tulang, meredakan deman, keputihan dan sakit pinggang.

Kandungan Dalam Daun Beluntas
  • Alkaloid
  • Tannin (pada akar)
  • Flavonoida (pada akar)
  • Minyak atsiri
  • Natrium
  • Asam chlorogenik
  • Kalium
  • Kalsium
  • Aluminium
  • Magnesium
  • Fosfor

7. MANFAAT DAUN BELUNTAS

Tumbuhan beluntas yang merupakan tanaman semak, kadang tidak segaja orang-orang tidak segaja membudidayakan untuk tanaman perkarangan atau tanaman pagar. Ternayata tanaman daun beluntas banyak di gunakan sebagai obat herbal yang cukup ampuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Berikut ini adalah 7 manfaat tanaman beluntas:

1. Pegal Linu
Tanaman beluntas ternayata dapat bermanfaat untuk mengobati pegal linu pada tubuh anda, pada orang yang mengalami masalah ini tentunya sangat menyiksa diri kita, bagi yang mengalami masalah ini maka anda dapat menggunakan tanaman beluntas untuk mengobatinya. Caranya dengan meminum air rebusan dan beluntas dalam sehari 3 kali.

2. Mengatasi Bau Badan
Baun badan salah satu masalah yang sangat menganggu di saat kita dalam keramaian, kehidupan sosial, ini di alami pria dan wanita, bila kita mengalami bau bdan pasti kita tidak percaya diri dan minder dengan orang banyak. Maka daun beluntas dapat mengatasinya dengan cara meminum air rebusan daun beluntas, dengan meminum air rebusan daun tanaman beluntas semoga dapat menghilangkan bau badan anda. 

3. Mengatasi Keputihan
Keputihan terjadi pada wanita, daun beluntas yang merupakan tanaman semak dan tanaman liar ini bisa mengatasi keputihan pada wanita, ini akan hilang dalam waktu singkat bagi yang mengalami keputihan dan akan hilang total dalam waktu singkat. Tanaman beluntas juga bagi wanita dapat mengatasi nyeri haid yang biasanya terjadi menjadi kurang.

4. Mengatasi Bau Mulut
Bau mulut merupakan salah satu masalah disaat kita bercakap-cakap dengan orang orang. bagi yang mengalami bau mulut maka bisa menggunakan daun beluntas untuk mengatasinya. Ini biasa diguanakan dengan cara meminum air rebusan dan Beluntas atau dijadikan sebagi obat kumur kumur untuk mengatasi masalah bau mulut.

5. Mengobati Nyeri Pinggang
Nyeri pinggang merupakan masalah yang sangat menganggu dalam aktifitas kita sehari-hari, jika ini terus terjadi maka anda bisa mengkonsumsi air rebusan daun beluntas untuk mengatasinya. mengkonsumsi air rebusan dari tanaman Beluntas juga bisa mengurangi resiko nyeri pada pinggang.

6. Mengatasi Rematik
Ternyata tanaman ini bisa juga diguanakn untuk rematik. rematik biasanya terjadi pada orang tua, bila mengalami penyakit ini di coba untuk mengkonsumsi air rebusan daun beluntas, khasiatnya dapat menghilangkan rasa nyeri rematik.

7. Mengatasi Perut Kembung
Daun dari tanaman beluntas bisa diguanak untuk mengatasi perut kembung, biasanya kita tidak nyaman bila terjadi perut kembung, bila anda ingin mengatasiny bisa di coba dengan menggunakan dengan meminum air rebusab daun beluntas, dan rasa tidak nyaman dengan masalah ini bisa dengan segera hilang.

Sekian yang dapat dibagikan Anek Uteun tentang tanaman daun beluntas. ini semoga menjadi bermanfaat untuk anda semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *