Tanaman Pasak Bumi yang Banyak Khasiat

Tanaman Pasak Bumi atau dikenal dengan Eurycoma Longifolia, tumbuhan ini banyak di jumpai di hutan kalimantan, ini merupakan salah satu tanaman obat, yang banyak digunakan untuk obat dari pasak bumi adalah akarnya. Tumbuhan ini merupakan salah satu tumbuhan yang banyak khasiat, mengkonsumsi ekstrak dari akar pasak bumi menurut beberapa sumber dapat menyembuhkan penyakit seperti kencing manis, rematik, kencing manis, liver, asam urat, impotensi, dan juga meningkatkan vitalitas para pria.

Tanaman ini juga katanya dapat mengobati penyakit seperti kanker darah dan leukemia. menurut beberapa penelitian pasak bumi juga mengandung berbagai metabolic sekunder, yang mempunyai farmakologi yang banyak. pasak bumi juga banyak kandungan senyawa golongan statin yang bagus untuk anti hiperlipidemia, lakton dan gugus alkaloid, kandungan ethanolic yang terdapat pada tumbuhan ini dapat meningkatkan jumlah hormone testoteron pada kaum pria.
Tanaman Pasak Bumi yang Banyak Khasiat
Pasak Bumi (Tongkat Ali)

Pada umumnya tanaman pasak bumi dikenal untuk obat malaria, kandungan kuasinoid pada akar tumbuhan ini dapat membunuh plasmodium falcifarum yang terdapat atau dibawa oleh nyamuk anopheles betina, senyawa lainya adalah erikomanon yang dikenal sangat ampuh mengobati penyakit malaria. terakhir tanaman ini dikenal dapat mengingkatkan kekebalan tubuh pada penderita HIV.

Kalau di Indonesia tanaman pasak bumi dieknal dengan nama latin yaitu Eurycoma longifolia, tumbuhan ini dapat dengan mudah ditemukan di pedalaman kalimantan dan dikenal oleh masyarakat dayak tumbuhan dengan banyak khasiat.

Kalau di malaysia tanaman ini kenal dengan tongkat ali, tanaman ini banyak khasiat dan manfaat yang telah di teliti secara ilmiah pada tumbuhan tongkat ali ini.

Khasiat Lain Dari Tumbuhan Ini
Ternayata pada tanaman pasak bumi tidak hanya akarnya yang banyak khasiat dan beberapa pada bagian tanaman ini juga dikenal banyak khasiat yang hampir serupa dengan akarnya.

  • Daun Pasak Bumi
Daun Pasak bumi yang muda ini bermanfaat dan digunakan oleh masyarakat untuk mengobati sakit perut.
  • Akar
Kulit pada akar tumuhan pasak bumi ini ampuh mengobati demam, penyembuh luka di gusi, tonikum pasca melahirkan dan gangguan cacing.
  • Kulit Bagian Batang
Kulit pada batang tumbuhan pasak bumi juga dapat digunakan untuk koagunlan pasca melahirkan. dan juga kulit pada padang tumbuhan ini juga digunakan untuk nyeri tulang.
  • Buah dan Bunga
Pada bagian buah dan bunga banyak digunakan untuk mengobati penyakit disentri.

Penyebaran

Tanaman pasak bumi dari beberapa sumber katanya berasal dari indonesia dan sekarang meyebar di di beberapa Asia Tenggara di antaranya Malaysia, thailand, vietnam dan Filiphina.
Di Indonesia tanaman ini dapat ditemukan di Kalimantan, Pulau Sumatera dan pulau jawa. Kalau di kalimantan tanaman ini dinamakan dengan Pasak Bumi, Di jawa dikenal dengan nama Widara Putih, Mempoleh (Bangka) dan orang Aceh menyebutnya dengan Tongkat Ali.


Ciri-Ciri tanaman Pasak Bumi (Tongkat Ali)

  • Tanaman ini dapat tumbuh mencapai 6 meter kalau tumbuhnya maksimal pada umumnya tanaman ini tumbuh mencapai 4 m saja.
  • Tanaman ini masuk dalam tanaman monokotil yang kalau dilihat tanaman ini tidak memiliki cabang dan dengan karakteristik menyerupai payung.
  • Pasak Bumi memiliki pohon dengan berdiameter yang tidak besar di antaranya dengan lebar kurang dari 15 cm, dengan batangnya warna coklat dan teksturnya licin.
  • Tumbuhan ini memiliki daun yang mejemuk dan menyirip, jumlah ganjil, sesuai dengan tanaman monokotil.
  • Tanaman jantan pasak bumi dapat menghasilkan buah juga namun kebayakan dari buahnya itu gugur di saat muda, dan yang tanaman betina menghasilkan buah yang lebat namun tak rentan dengan keguguran. 
Cara Menggunakan Tanaman Pasak Bumi

Tanaman pasak bumi di olah menjadi serbuk dan kemudian di campurkan dengan kopi atau teh. Ini bermanfaat untuk kesehatan reproduksi pria dan menambah vitalitas pria, dan juga dapat memperbaiki saraf-saraf  peredaran darah.

Dengan Direbus
Tanaman ini direbus dengan air 250 ml, sampai mendidih dengan sampai menyisakan airnya menjadi 200 ml. dan didiginkan lalu saring dan dapat diminum sekali sehari ini khasiatnya juga dapat dirasakan dari pada mengkonsumsi yang berlebihan.

Dengan Cara di Seduh
Ini dapat dilakukan dengan cara pasak bumi direndam dalam air panas sampai 1 jam atau bisa sampai airnya dingin, maka dengan ini air rendaman ini dapat di minum sekali sehari, maka anda akan dapat merasakan khasiatnya.

Akar pasak bumi di tumbuk 
Sebelum menumbuknya akar tanaman pasak bumi di cuci sampai bersih dulu dan kemudian tumbuk sampai tidak benar-benar halus, dan selanjutnya diseduh dengan air panas dan diginkan airnya, dan selanjutnya di saring dan minumlah tampa menggunakan pemanis apapun.

Di buat Cangkir
Jika di bentuk seperti cangkir dan dimasukkan airnya ke dalam dan selanjutnya mengkonsumsinya maka cara sederhana ini sangat ampuh juga, cara ini sangatlah sederhana namun memiliki khasiat sama dengan direbus, diseduh dan di tumbuk.

Efek Samping Dari Pask Bumi
Walaupun tanaman ini banyak khasiat maka diperhaatikan juga efek samping dari tanaman ini, dan anda harus tahu juga.

  • Walaupun banyak khasiat namun Pask bumi juga berpotensi merusak jaringan hati dan juga ginjal, serta jaringan tubuh lainnya, ini jika di konsumsi secara tidak benar dan di luar aturan penggunaan.
  • Tanaman ini kalau di konsumsi secara berlebihan maka akan menjadi racun dan keracunan, yang di awali dengan mual dan muntah-muntah, yang akhirnya merusak organ tubuh di antaranya ginjal dan hati serta peradangan sekitar kandung kemih.
  • Tidak boleh mengkonsumsi Pasak bumi atau tongkat ali dengan berkepanjangan karena dapat mengakibatkan peradangan pembengkakan dan akan merusak jaringan hati dan ginjal akan bengkak, pucat dengan warna yang gelap.
  • Ekstrak pasak bumi tidak boleh mengabungkan dengan tanaman herbal lainnya saat mengkonsumsinya, karena ini dapat menghilanmgkan khasita pasak bumi, dan mengakibatkan rusak organ sepeti ginjal bengkak, jaringan hati rusak dan dapat menghambat peredaran darah.
  • Pasak bumi tidak boleh di konsumsi oleh anak-anak di bawah umur yang belum berusia 18+ tahun. ini karena kandungan di dalam tumbuhan ini tidak cocok untuk pertumbuhan anak di bawah umur.
  • Air pasak bumi yang telah di buat seperti penyeduhan, direbus atau lainnya jangan di simpat di pendingin  atau di tempat yang panas dengan, kalau ini di lakukan maka dengan cepat akan hilang khasiat di dalamnya, sebaiknya airnya di minum sebelum 3 jam setelah di seduh atau teknik lainnya.
  • Sebaiknya pasak bumi tidak digunakan dalam saat anda sedang berolahraga karena aktifitas organ tubuh anda dalam mengolahnya sangat berkerja keras, maka mengkonsumsi pasak bumi di saat anda tenang. 
  • Mengkonsumsi pasak bumi jangan di tambah gula atau madu, anda sebaiknya menetralkan sendiri pahit pada tanaman ini. dengan menambahkan gula atau madu maka akan menghilangkan khasiat pasak bumi.
(Penulis: FB-PendekarKO)

Comments
1 Comments

1 komentar:

  1. temukan lebih banyak lagi tentang tanaman herbal di Anek uteun....!!!!

    BalasHapus

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *