Bajing Tanah Bergaris Empat

Bajing Tanah Bergaris Empat
Bajing Tanah bergaris empat salah satu hewan endemik pulau Kalimantan, Indonesia. Dalam bahasa Ilmiah dikenal dengan nama Lariscus hosei. Bajing tanah bergaris empat merupakan hewan Mammalia yaitu salah satu herwan yang berkembangbiak dengan  beranak. Bila habitat bajing ini ini rusak maka hewan ini akan berkurang populasinya. Hewan ini masuk dalam satu ordo sama tikus yaitu Rodentia yang merupakan hewan pengerat. hewan ini adalah kelas Sciuridae dan genus Lariscus.

Bajing tanah bergaris empat tersebar antara Kalimantan, Sabah dan serawak, mereka banyak hidup di hutan primer pada ketinggian mencapai 1000 meter atau mdpl. Hewan ini hidup di hutan hujan tropis dan subtropis. Mereka juga dapat di temukan di thailand. 

Ciri-cirinya
Bentuk dan ukuran tubuhnya tidak jauh berbeda dengan bajing pada umumnya, yang membedakan bajing ini adalah warna bagian tubuhnya, bajing tanah memiliki garis di bagian tubuhnya dengan empat garis. Maka dengan ini dinamakan dengan banjing tanah bergaris empat. Pada punggungnya juga memiliki garis dengan warna coklat dan orange pada perutnya. bajing ini kalau yang betina meliki tinggi 189mm dan yang jantan sekitar 181 mm dan ini lebih tinggi dari pada betina. Dengan beratnya sekitar 215 gram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *