Bambu Jepang Serba Guna

Tanaman bambu kalau di jepang tidak di biarkan merumpun, rebungnya di potong ini bertujuan untuk membentuk induknya berkualitas, lurus, besar dan kuat, bambu ini mahal dipasaran karena bermutu tinggi.

Bambu merupakan salah satu tanaman yang serbaguna di jepang, bambunya di pakai sebagai bahan bagunan dan rebungnya dimasak sebagai sayuran, kerajinan tangan alat musik dan sebaginya. Maka dengan ini tananam bambu meruapakan salah satu tanaman penting pertanian, dan tidak mengandalkan penembagan di hutan dan mesti dari usaha perkebunan.

Kalau di Indonesia tanaman bambu ini banyak merumpun dan sangat sulit untuk memotongnya, akan tetapi kalau seperti di daerah Kyoto, jepang. Tanaman bambu tidak dibiarkan merumpun seperti di Indonesia, kalau di Indoensia orang orang bangga memiliki rumpun bambu yang besar, akan tetapi di jepang sebaliknya, tanaman bambu tidak dibiarkan merumpun. Kalau seandainya tanaman bambu merumpun bisa juga menghasilkan pohon bambu, akan tetapi tidak memuaskan bagi pemiliknya dari segi bentuknya dan ketahanannya. Kalau dalam rumpun bambu yang bisa digunakan hanya beberapa bambu yang lain hanya menganggu saja, dan dari bambu yang merumpun akan dihargai dengan harga murah.

Kalau di daerah Kyoto tanaman bambu di batasi sampai muncul rebung, kemudian rebungnya akan di panen untuk sayuran dan bambunya tidak akan membentuk rumpun yang banyak. Bibit bambu di tanam dengan jarak tertentu sesuai dengan jenis bambunya. kalau seperti bambu raksasa contohnya bambu betung maka akan di tanam dengan jarak yang lebih longgar daripada tanaman bambu yang lebih kecil. Maka dengan ini pohon bambu akan tumbuh lebih pesat setiap hari akan bertambah pertumbuhannya sampai panjang 33 cm.

Kalau di jepang tanaman bambu diberikan pupuk akan merangsang pertumbuhan rebung, rebungnya besar tapi empuk, diberikan pupuk pada saat bambu beristrirahat pertumbuhannya di saat musim dingin, maka pada saat musim semi selanjutnya ketika tanaman ini dengan pesat tumbuh maka sudah memiliki makanan yang berupa hara dan siap di serap oleh tanaman bambu.

Untuk menghasilkan rebung bambu di jepang juga unik, tanaman bambu akan di berikan pupuk majemuk yaitu kadar Nitrogen tinggi. Selanjutnya akan ditutupi dengan jerami dengan rapat, dan ditimbun dengan tanah kembali, ini dapat memberikan pupuk kepada akar dan juga bisa melindungi tanaman bambu dari musim dingin.

Kalau salju turun di saat musim dingin maka yang terkenak salju adalah tanan penutup jerami, dan disaat mencari akan membusukkan jerami yang akan mejadi bunga tanah pengikat hara, dengan pupuk majemuk. Hara ini akan dilepaskan dengan sesuai permintaan akar yang sedang tumbuh. Maka dengan ini tidak akan banyak pupuk yang hilang percuma atau hanyut dengan air hujan ke tempat lain.

Bambu-bambu yang sudah siap dipanen akan di potongh sesuai dengan ukuran standar yang ditetapkan pasar, sebelum dijual bambu bambu akan dikeringkan dulu sampai sesuai dengan pemintaan pasar, pada saat pengeringan itu maka bambu bambu dijajakan kepada pembeli pada saat musim panas.

Selain digunakan sebagai bahan bagunan, dapur dan rumah tangga, bambu jepang juga digunakan sebagai bahan kap lampu. Dengan ini mungkin bisa dicontoh oleh petani-petani bambu di indonesia, walupun beda akan tetapi bisa direnungkan dalam hal rumpun dan tidak merumpun pada pohon bambu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *