Benalu Tumbuhan Parasit

Tumbuhan Benalu (Loranthus, suku Loranthaceae) ini merupakan salah satu tanaman parasit obligat, tanaman ini hidup dan tumbuh pada tanaman lain atau tumbuh pada tanaman inang, tanaman ini kebanyak hidup pada pohon-pohon besar di dearah tropis, dan dapat di jumpai dengan mudah di pohon pohon yang tinggi. Biji tumbuhan ini terdapat getah yang bagaikan jelly seperti lem yang lengket.

Bagi petani benalu merupakan salah satu masalah yang mengakibat terhambat pertumbuhan tanaman inangnya. Karena benalu meyerap makanan pada pohon inangnya dan ini dapat merugikan inangnya. Bila benalu di biarkan pada pohon inanngnya akan kurus, kering dan mati, dengan ini maka benalu merupakan salah satu hama bagi petani.

Penyebaran tanaman benalu di sebabkan oleh burung, bila burung memakan biji dari benalu dan mengekskresikan pada dahan pohon atau ranting pohon biji tanaman banalu yang lengket dan akan menempel pada dahan pohon atau ranting, dan biji benalu pun akan berkecambah dan mulai tumbuh pada pohon lainnya.

Akar benalu berupa akar penghisap dan penggerek, akarnya ini disebut dengan nama haustorium dengan bentuknya bulat dan merupakan penghubung dengan inanngnya, dengan modifikasi akarnya maka benalu akan menyerap sari makanan dari inangnya.

Kalau di Indonesia kita dapat menjumpai beberapa jenis benalu dengan tumbuh sesuai dengan inanngya, tanaman benalu biasanya kita bisa menemukannya di pohon mangga, jeruk, belimbing dan laiinya, kalau benalu di pohon belimbing daunnya bulat-bulat kecil.

Kalau di Aceh kita menyebutnya dengan "semalu", dan banyak terdapat tanaman benalu di Aceh yang tumbuh di pohon-pohon tinggi, seperti kita kethui bahwa aceh merupakan daerah tropis, seperti daerah indonesia lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *