Beruk Mentawai Endemik Kepulauan Mentawai

Beruk Mentawai dalam penduduk lokal disebut dengan Bokoi ini adalah hewan endemik pulau mentawai, Indonesia, dalam bahasa latin disebut dengan Macaca pagensis dan masuk dalam keluarga Cercopithecidae.

Secara umum bokoi mirip dengan beruk, Bokoi memiliki bentuk tubuh jantan antara 45 - 55 cm dan brtina memiliki panjang 40 - 45 cm. Bokoi terdapat dengan enkor yang panjang baik yang jantan atau betina mereka memiliki ekor dengan panjang 10 - 16 cm.

Beruk ini memiliki ukuran yang besar dengan berat badannya sebesar 6-9 kg. beruk betina memiliki berat badab yang lebih ringan daripada betina sekitar 4,5 - 6 kg. Beruk mentawai mereka aktif pada malam hari yang disebut dengan istilah diurnal. Mereka hidup dengan berkelompok antara 5 sampai 20 ekor beruk, dengan terdapat satu ekor jantan sang pemimpin.

Mereka biasanya memakan dedaunan, buah-buahan, dan juga biji-bijian mereka banyak beraktifitas pada pohon yang tinggi antara 24 36 meter di atas pohon. Saat mereka mencari makan mereka akan dipimpin oleh seekor beruk jantan.

Bokoi atau beruk merupakan salah satu binatanag Endemik pulau mentawai, hewan ini dapat ditemukan di hutan bakau, hutan sekunder, hutan primer, pesisir dan juga di hutan disekitar pemukiman warga.

Mereka merupakan salah satu hewan yang terancam punah. Perburuan membuat mereka semakin berkurang, perdator beruk atau bokoi adalah elang ular jambul, ular piton, manusia, inilah yang membuat mereka semakin terancam. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *