Buah Buni, Buah Langka Indonesia

Buah Buni, mungkin tak banyak orang yang mengenal buah ini, ini merupakan salah satu buah langka di Indonesia, buah ini kecil-kecil dengan tersusun dalam satu tangkai yang panjang yang bagaikan rantai dengan warna buahnya merah. Buah ini meripa dengan cranberry, kalau masih mudah buah dengan warna kekuningan dengan menuju kehitaman.
Buah Buni, Buah Langka Indoensia

Buah buni merupakan salah satu buah herbal yang banyak manfaat untuk kesehatan, dengan pohonnya tinggi bisa mencapai 15-30 meter. Buni tersebar di kawasan Asia Tenggara, Australia, dan juga Indonesia. Dipulau jawa tanaman buah ini dapat ditemukan dengan ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut.

Daun buni berbentuk tunggal, dengan tangkai yang pendek, dengan bentuk yang bagaikan telur lonjong, panjang daun antara 9-25 cm. dengan daun agak meruncing. disaat masih muda daunnya berwarna hijau muda kalau sudah tua maka daunnya akan beruab dengan warna hijau tua. Perbungaan tanaman ini dalam tandan yang keluar dari ketiak atau bagian ujung percabangan.

Buah buni memiliki bentuk kecil elips dengan warna hijau ketika masih muda, ketika masak maka buahnya akan berubah warna menjadi ungu kehitaman,dengan rasanya yang manis dan sedikit asam. Selain buahnya yang bisa dimakan ternayata daunnya juga bisa dimakan, dan orang-orang ada yang suka mengkonsumsi daunnya untuk lalapan. selain itu ada juga yang di olah menjadi campuran jamu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *