Buah Kedondong Endemik Indonesia

Buah Kedondong merupakan salah satu buah yang berasal dari Indonesia bagian timur, buah ini masauk dalam suku mangga-manggaan (Anacardiaceae). Buah yang satu ini dikenal juga dengan nama ambarella. dan juga dapat ditemukan di Filiphina, Kamboja, Nyamar, Thailad dan Malaysia. 

Buah ini dapat dimakan langsung dalam keadaan segar, dan kadang juga dijadikan sebaai rujak, acar, asinan dan juga selai. Didalam buah ini bagaikan serabut yang bercampur dengan dagingnya, Di Aceh kami menyebutnya dengan "Boh Kurundoeng" dengan buahnya yang berbiji tunggal di tutupi dengan serabut. Buah ini juga di jadikan sebagai bahan untuk penyedap dalam pepes ikan.
Buah Kedondong Endemik Indonesia

Pernahkan anda merasakan buah ini, kalau pernah berarti anda beruntung tinggal di Indonesia karena ini buah asli Indonesia, mendegar nama buah ini, maka dapa dibayangkan kalau rasanya asam dengan serabut pada tegah buahnya yang tajam. 

Buah ini dapat di temuka di pelosok-pelosok seluruh Indonesia, buah ini banyak akan kandungan gizi yang baik untuk kesehatan, kalau di jual dengan harga yang terjangkau, dan mudah ditemukan.

Buahnya bulat telur, dan lebih tepatnya seukuran telur dan mirip dengan telur, dengan buahnya yang berwarna hijau kalau masak dengan warna kuning cerah, pohonnya besar, kalau tidak salah saya bisa mencapai 15 meter tingginya.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *