Buah Lai Sangat Mirip Dengan Buah Durian Dari Kalimantan

Buah Lai merupakan salah satu buah yang berduri yang mirip dengan buah durian, akan tetapi ini bukan buah durian. Buah ini sangat mirp dengan buah durian kulitnya sangat persis bagikan buah durian berdurui akan tetapi buah ini tidak terlalu besar.

Buah ini cuma tumbuh di Kalimantan Selatan dan timur. nama lain dari buah ini adalah Durian pulu, sekawi, ruas, nyekak, pekawai, durian tinggang dan lainnya. nama ilmiah dari buah ini adalah Durio kutejensis (kutejensis (Adj.).
Buah Lai Sangat Mirip Dengan Buah Durian Dari Kalimantan

Kalau kita lihat memang sekilas buah lai ini sangat mirip dengan buah durian dengan duri-durinya yang tajam, akan tetapi durinya tidak berbahaya dan lebih lembut dari durian. Daging buahnya berbeda dengan buah durian, dengan warna kuning dan agak orange. dengan tekstur yang lebih kering dan liat tidak seperti buah durian yang basah lembut.

Karakteristik Buah Lai
Ciri khas buah lai dibandingkan dengan buah durian, daun, bunga dan buahnya, dengan pohonnya yang sama dengan durian pada umumnya. dengan daun yang lebih tebal dan besar, panjang daun sampai mencapai 20-25 cm. dan lebar 5-7 cm. dengan bunganya besar dengan variasi merah muda (pink),  sampai dengan merah tua. buahnya kecil dan sedang (1 - 2 kg), tangkainya pendek, warna hijau muda dan hijau kekuningan saat muda. kalau sudah matang maka warna buah kuning sampai dengan coklat, dengan kulit tipis terdapat duri yang tidak tajam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *