Burung Betet Berwarna Hijau

Burung Betet merupakan salah satu jenis burung kicau yang ada di Indonesia. Berbagai jenis burung telah banyak di jadikan sebagai peliharaan di kalangan penghobi burung, tidak hanya burung lokal yang dijadikan sebagai peliharaan dan juga banyak burung impor yang dijadikan sebagai peliharaan di Indonesia.

Burung Betet atau dikenal juga dengan burung ekek (Psittacula alexandri) burung ini mulai langka habitatnnya, penyebarannya burung ini sangat luas sampai burung ini dapat di temukan di Thailand Selatan, anehnya burung ini tidak dapat dijumpai di semenanjung Malaysia, dan pulau Sumatera. Kalau di Indonesia burung ini dapat di jumpai di Pulau jawa, bali dan kangean, burung berparuh bengkok ini warna bulunya hujau dengan pipinya keabuan dan paruhnya berwarna merah.


Burung ini biasanya dapat dijumpai di hutan terpencil dengan hidup berkelompok, dalam satu kelompok mereka banyak, baik dalam terbang, mecari makanan, beristrirahat dan juga bersarang, biasanya burung-burung ini kalau bersarang dalam satu pohon terdapat beberapa sarang dengan berjauhan satu sama lain. Bila mereka berkumpul suaranya sangat ribut. Makanan burung Betet adalah biji-bijian, buah-buah kecil, nektar bunga dan juga tunas muda.

Burung betet mempunya ekor panjang pada umumnya, panjang ekornya mencapai 40 cm, bulu pada dadanya berwarna hijau, ekornya panjang bertahap. Terdapat mahkota pada burung jantan dengan warna hijau, sisi kepalanya merah dan ada garis hitam tebal bagaikan kumis, burung bebet betina ada juga yang terdapat mahkota dan agak buram, kumis kehijauan, tidak terdapat warna biru pada punggunya dan penutup sayap burung betet berwarna kuning.

Perbedaan burung betet biasa adalah pada bagian tubuh bawahnya berwarna hijau, pada sisi kepalanya merah, dengan iris kuning kehijauan, paruh merah pada ujungnya bagaikan tanduk dan kaki berwarna abu-abu. 

Terdapat 5 Jenis burung Betet:

Psittacula Longicauda Longicaunda
Psittacula Longicauda Tytleri
Psittacula Longicauda Nicobarrica
Psittacula Longicauda Modesta
Psittacula Longicauda Defontainei

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *