Cabe Pelangi atau Bolivian Rainbow

Cabe pelangi atau nama aslinya Bolivian Rainbow ini merupakan cabe yang berasal dari Amrika Selatan, dan ada yang bilang juga cabe ini berasal dari brazil. Tanaman ini sering digunakan sebagai tanaman hias, sekarang ini banyak orang yang mencari cabe ini di online. 

Cabe ini tingkat kepedasan mencapai 5.000-30.000 SHU, tinggi tanaman 60-90 cm, ideal untuk dataran rendah dan tinggi, dengan sinar matahari full, kebutuhan air sedang. Cabai ini bandingkan dengan cabai rawaut yang dipasaran yang tingkat kepedasan 50.000-100.000 SHU, maka cabe ini banyak dipakai sebagai tanaman hias untuk menghiasi pekarangan rumah.
Cabe Pelangi atau Bolivian Rainbow

Tanaman cabe ini menarik, buah cabai ini akan berubah warna dari muda ke tua, dengan perubahan ini maka cabe ini dinamakan dengan Rainbow buahnya dengan warna-warni dengan warna buahnya kuning, orange, ungu dan merah. Tanaman ini kalau dalam perawatannya seperti cabai pda umumnya cukup perhatikan dalam pemupukan saja agar lebih produktif.

Media tanam yang digunakan dalam pot harus ideal bagi cabai ini, dengan tanah poros, penuh unsir hara, dengan campuran sekam bakar, pasir, tanah, pupuk kandang, dengan sedikit pasir. semua bahan di campur dan di aduk menjadi satu, dan selanjutnya baru dimasukkan dalam pot.

Pada pot yang digunakan sebagai bahan untuk media tanam, maka harus di lubangin pada bagian bawah pot, karena cabai ini tidak bisa tumbuh di bagian yang berair, maka dengan ini perlu drainasi pada pot tanaman.

Bibit tanaman dapat diperbanyak dengan biji-bijinya. pilih biji yang kering, dan direndam dalam air, kemudian baru disebar dalam pot-pot yang digunakan. sirami dengan spuyer dalam lima hari maka akan muncul tunas-tunas.

Selanjutnya kalau bibit sudah mencapai 10 cm pindahkan ke pot yang digunakan, pemindahaan anda harus berhati-hati jangan sampai anda merusak akar dan batang pohonya, setelah dipindakan maka siramlah secara runtin, dan pada pagi hari di tempatkan di luar rumah dan jangan sampai kenak matahri secara langsung karena akan layu. Tanaman cabai pelangi anda pun akan berbuah dalam 3 bulan.

Sekian yang dapat saya bagikan semoga ini bermanfaat untuk anda tentang Cabe Pelangi atau Bolivian Rainbow.;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *