Makna Dari Bunga Teratai

Tanaman bunga teratai atau dikenal juga dengan lotus tanaman bunga ini dikenal dalam bahasa latin nymphae. Kalau dalam bahasa ilmiah disebut dengan nelumbo nucifera. dikalangan pecinta tanaman hias tanaman ini dikenal dengan Water lily. Kalau di Indonesia ada juga yaang menamakan dengan nama Seroja. 

Bunga dari teratai harum dan lembut, tumbuh di permukaan air dengan daun yang melebar di atas air dengan tangkainya tergantung dengan air, mencapai 10-200 cm dengan bentuk bulat panjang. Panjang dan ukuran bunga teratai tergantung dari jenis tanaman teratai itu sendiri. Benang sari dengan warna kuning dengan memenuhi kelopak, dan ada juga dengan warna ungu, mera, biru dan putih.

Makna Dari Bunga Teratai Sebagai Lambang Spiritual

Bunga teratai yang berwarna putih melambangkan pencerahan atau bodhi dalam bahasa Sansekerta. Melambangkan tubuh, pikiran dan jiwa. Bersamaan dengan kesempurnaan spiritual dan juga melambangkan sifat seseorang ini berdasarkan agama Hindu. Bunga teratai dilengkapi delapan kelopak pada umumnya, ini sesuai dengan jalan mengetahui hukum alam yang benar. Tearatai putih di kenal sebagai bunga teratai dari Buddha, dan taratai ini sangat erat dengan simbol agama-agama Buddha.

Teratai biru melambngkan semangat kontrol kepada salah satu indera material. Maka ini bisa jadi untuk simbol kecerdasan, pengetahuan dan kebijaksanaan. Bunga teratai biru sangat erat kaitannya dengan manjusri, yang merupakan salah satu atribut prajnaparamita, perwujudan kesempurnaan dan juga kebijakan hidup.

Teratai merah merupakan simbol dari kondisi hati, kasih sayang, cinta, nafsu, emosi, keaktifan hidup dan juga lainnya yang berhubungan dengan suasana hati. Teratai merah yang mengambarkan kelopaknya terbuka, ini melambangkan keterbukaan dan keindahan hati bagi yang memberinya.

Teratai merah muda ini merupakan salah satu teratai yang banyk idtemukan, dan bunga yang ini di hubungkan dengan dewa tertinggi dalam agama Hindu, atau budha. Mekipun bunga teratai merah mudah sangat mirip dengan yang berwarna putih. Teratai ini melambangkan Budha dan bunga ini sring digunakan untuk penymabutan tokoh-tokoh yang suci yang lebih rendah dari fungsi pemujaan kepada tuhan. 

Bunga lotus indah dan banyak di gunakan untuk karya seni, arsitek, puisi, dan desain. Bunga teratai juga merupakan simbolis spiritual dalam budaya cina, Tanaman taratai tumbuh liar dan keluar akar dan tunas dari air yang berlumpur. Tanaman ini tidak terpegaruh oleh kotoran di dalam lingkungan sekitar, makanya bunga ini di anggap sebagai bunga suci dari semua bunga. 

Sekarang ini tanaman teratai sangat populer dan banyak di jadikan sebagai tanaman hias, selain itu tanaman ini juga banyak di gambarkan untuk tato di tubuh. Tanaman teratai merupakan salah satu bunga yang mempesona manusia sejak jaman dulu dengan keindahan bunganya dan eksotis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *