Maleo Waigeo (Aepypodius bruijnii) Endemik Pulau Waigeo

Maleo Waigeo merupakan salah satu burung dengan nama latin Aepypodius Bruijnii. Ini adalah salah satu burung endemik pulau Waigeo, Papua. Burung yang satu ini masuk dalam suku Megapodiidae dan sering disebut dengan burung gosong, mungkin karena burung ini bulunya hitam atau coklat.

Burung Maleo Waigeo memiliki panjang sekitar 43 cm. mereka banyak bermain di permukaan tanah, burung Maleo Waigeo yang jantan memiliki jengger kecil dengan warna merah , dengan terdapat 3 buah gelambir pada lehernya.

Burung ini habitatnya di hutan dan pengunungan dengan tinggi mencapai 620 m, di atas permukaan laut. Mereka banyak tinggal pada daerah daerah yang terlindungi oleh angin, dengan jantan yang menetap pada wilayah tertentu dengan betina merupakan sang pengembara.

Dan burung Maleo Waigeo pada saat kawin sanga jantan akan membuat sarang yang yang seperti bukit kecil untuk mengerami telur mereka.

Sekarang ini burung Maleo Waigeo belum banyak yang diketahui, akan tetapi burung ini masuk dalam status Endangered" (terancam punah). 

Salah satu penyebab langkanya burung ini karena pembukaan lahan, dan perburuan liar, dengan ini maka burung Maleo Waigeo memiliki penyempitan habitatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *