Paku Tanduk Rusa

Paku Tanduk Rusa - Banyak jenis tanaman dari paku-pakuan yang ada di bumi ini yang masuk dalam jenis pterydophyta, tanaman paku memiliki akar daun dan batang yang umumnya disebut dengan cormophyta. Mereka terdapat di seluruh bagian bumi yang tanahnya lembab, contohnya di pinggiran sungai, hutan hutan, bangunan tak terawat, tebing dan lainnya, akan tetapi tanaman paku tidak dapat ditemukan di daerah salju abadi dan gurun yang kering.

Dari sekian banyak jenis paku yang menurut saya unik adalah tanaman Paku Tanduk Rusa, ini merupakan salah satu jenis paku yang merupakan tanaman paku Epifit tergabung dalam marga Platycerium, tumbuhan ini memiliki ciri-ciri yang unik dan khas, tanaman inin memiliki 2 tipe ental, dengan fungsi yang berbeda, terdapat salah satu tipe entel yang bercabang-cabang bagaikan tanduk rusa. Tanaman ini dapat di jumpai di daerah tropika dan subtropika.

Epifit sejati, dengan akarnya lunak yang bergerombol yang melekat di tanaman lain atau di bebatuan. Akar ini tumuh dengan rimpang yang lunak namun liat dengan tumbuh pendek sulit di potong, dan tidak menjalar. Ental agak sedikit tebal yang tumbuh dari rimpang, terdapat dua type yang berbentuk tipe Steril yang lebar menutupi rimpang dan berbentuk perisai tipe fertil yang menjuntai ini berfungsi sebagai pembawa spora yang letaknya pada sisi bawah daun.

Ental steril bercanggap ke atas dapat menangkap sisa daun inang. Ini menjadi humus yang terperangkap di bagian perisai, maka ini menjadi pelindung rimpang dan menyediakn unsur hara untuk akar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *