Pinguicula Tanaman Pemakan Serangga

Pinguicula atau Butterworts ini merupakan salah satu tanaman karnovira, Pinguicula adalah tanaman ordo Lamiales dalam keluarga Lentibulariaceae. Tanaman ini kita kita bisa menjumpainya di Indonesia karena tanaman ini hidup di tanah yang miskin unsur hara dan basa. Ada juga jenis tanaman ini yang bisa hidup ditanah lainnya di antaranya tanah yang bergambut atau tanah berbatu. 
Pinguicula Tanaman Pemakan Serangga

Tanaman karnivora ini memiliki keunikan dan daunnya yang memiliki formasi sangat indah, dan kalau di lihat tanaman ini tidak terkesan seram karena keindahannya yang menakjubkan. Terlepas dari daunnya dengan formasi yang sukulen dengan bentuknya rosette dan daunnya terlihat indah ketika terkenak sinar matahari. Tanaman ini kadang juga di sebut dengan "Pings" atau "Pinguicula" dengan bahasa latin yang berarti si kecil yang berminyak.

Daun tanaman Pinguicula bisa membuat serangga terperangkap yang hinggap di daunnya seperti lem tikus, tidak hanya itu jika di lihat dengan jelas, daun-daun tanaman ini memiliki bulu-bulu halus ini berguna sebagai pencerna serangga yang tertangkap.

Pinguicula hanya bisa menjebak serangga kecil atau serangga yang bersayap lebar, bentuk duannya yang segar terlihat unik ini dapat menjadi perhatian serangga untuk hinggap dan menjadi umpa bagi korban. 

Korban yang hinggap di daun Pinguicula mereka tidak bisa bergerak lagi karena pada daun tanaman ini memiliki cairan yang lengket. Cairan tersebut di hasilakan oleh sel tubuh dari mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *