Rangkong Papan dan Habitanya yang Terancam

Rangkong Papan merupakan salah satu burung endemik pulau Kalimantan menurut wikipedia, burung ini terdapat bencolan yang bagaikan tanduk di atas paruhnya ukurannya besar dengan warna kuning. burung ini bulu dasarnya berwarna hitam, bulu pada lehernya kuning agak kecoklatan, dan bulu pada ekornya perpaduan antara putih dan hitam tebal bagian tepi. Rangkong papan jantan bentuk fisiknya lebih besar dari pada betina.

Burung Rangkong Papan tersebar antara Semenanjung Malaysia, Nepal, hindia, Bhutan, Tiongkok, papua nugini, sedangkan Indonesia mereka terdapat di pulau Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi. 


Burung rangkong membangun sarangnya di dalam lubang pohon, baik untuk bertelur atau untuk tempat berteduh. burung merupakan salah satu hewan omnivora karena mereka memakan serangga, buah-buahan, burung yang lebih kecil dan reptil. Burung ini setia pada pasangan seperti halnya burung merpati, mereka akan berpasangan satu lawan jenis saja.

Burung ini dikenal sebagai petani yang tangguh, karena mereka memiliki kemampuan untuk menerbar biji-bijian dengan jauh, mereka dapat terbang menjacapai 100 km persegi dan mereka mampu nebar biji sejauh tebangnya. Maka kegiatan meregenerasi hutan dilakukan oleh burung rangkong.

Burung rangkong merupakan salah satu burung yang masuk dalam keluarga Bucerotidae yang di dalamnya masuk burung julang, enggang, dan kangkareng. Ukuran tubuh burung rangkong sekitar 65 sampai 170 cm dengan berat 290 sampai 270 gram.


Burung Rangkong banyak diburu dan diambil tanduk yang di atas paruhnya, maka dengan ini maka burung ini salah satu burung yang dikhawatirkan menghillang. Tanduknya hampir sama struktur materinya dengan gading gajah yang pada dan solid. Tanduk burung rangkong harganya tinggi karena ini dijadikan sebagai hiasan yang di ukir dan di modifikasi. 

Saya pernah lihat di salah satu sumber, burung ini di buru dan dipotong paruh atasnya, terus di lepas lagi kealam dalam keadaan burung ini masih hidup. Bagi saya sendiri sangat kasihan sama burung ini kalau diperlakukan demikian. Semoga orang-orang itu sadar ya dengan yang dilakukannya.

Sekian yang dapay saya bagikan kepada anda semua, semoga ini bermanfaat untuk semua. ini saya tulis menurut saya baca-baca di berberapa sumber sekian dan terima kasih telah membacanya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *