Tanaman Krokot atau Portulaca

Portulaca dalam bahasa daerah dikrnal dengan nama Krokot tanaman ini merupakan salah satu dari suku Portulacaceae, yang terdapat 40-100 spesies yang dapat ditemukan di daerah tropis dengan musim empat.

Salah satu spesies yang terkenal adalah Portulaca oleracea dan ini dikenal dengan dapat dimakan dan juga sebagai tanaman hama, beberapa jenis ini juga menjadi tanaman makanan bagi ngengat dan kupu kupu.

Tanaman krokot merupakan tanaman liat yang dapat ditemukan di ladang, sawah, di pinggir jalan, kebun dan juga dihalaman rumah. Menurut beberapa sumber tanaman ini datang dari Amerika dan juga dapat ditemukan di Indonesia.

Krokot memiliki ciri-ciri dengan daunnya yang lunak dan batang kemerahan dan ada juga yang warna kehijauan dengan ukurannya yang kecil. Tanaman ini banyak dijadikan sebagai makanan kelinci, jangkrik dan dulu tanaman ini juga di makan sebagai sayuran.

Bagi sebagian petani tanaman krokot dikenal sebagai tanaman hama atau gulma yang sangat menganggu. Bagi petani tanaman ini dicabut dan di buang, akan tetapi tanaman ini memiliki manfaat untuk kesehatan manusia. 

Dalam tanaman ini mengandung Vitamin A, B komplek dan C, tanin, Omenga 3, noradrenalin, asam linoleat, dopa, KSO4, KCI, saponin, nicotinic acid, dopamin, KNO3 dan noradrenalin.

Dengan adanya kandungan seperti di atas dengan kandungan Vitamin dan mineral, maka tak heran kalau tanaman Krokot terdapat menfaat yang sangat besar bagi manusia dan dapat membantu permasalahan bagi kita.

Tanaman ini untuk manfaat kesehatan tubuh manusia semua jenis tanaman krokot bisa di pakai sebagai obat herrbal, baik itu daun, buanga batang sampai dengan akarnya. Ini baik dalam keadaan masih segar atau sudah kering.

Sekian yang dapat saya bagikan ini menurut beberapas sumber yang saya baca-baca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *