Akar Wangi Pengusir Nyamuk

Tumbuhan akar wangi merupakan salah satu tanaman jenis rumput yang berasal dari India. Tumbuhan ini dapat tumbuh sepanjang tahun tidak kenal musim, tanaman ini banyak di kenal dan telah digunakan sejak jaman dulu sebagai wangi wangian. Tumbuhan ini masuk dalam keluarga poaceae, yang satu keluarga dengan padi dan serai. Akar tanaman ini biasanya dikeringkan dan ditempatkan dalam lemari untuk pengarum pakaian dan barang-barang lainnya. Wangi pada akar ini berasal dari minyak atsiri pada bagian akar tanaman ini. Tumbuhan ini merupakan salah satu tumbuhan komoditas perdagangan minor walupun akar tanaman ini banyak digunakan untuk di ambil minyak yang digunakan dalam industri wangi-wangian.

Tanaman akar wangi merupakan tanaman tegak, kasar, umbai abadi, dengan tingginya sekitar 1 sampai 2 meter, dengan akarnya yang berserat dan baunya harum, daunnya bentuk dua baris dan panjang sekitar 1 meter, dan lebarnya 1 cm dan melipat.
Akar Wangi Pengusir Nyamuk

Tanaman ini juga di ambil akarnya untuk obat-obatan tradisional, tanaman ini di tanam di pinggiran sawah, dan sungai untuk mencegah erosi, dan minyak dari tanaman ini dikenal dengan minyak akar wangi, terdapat kandungan berbagai zat dalam akar tanaman ini di antaranya, vetiveno,  asetat vetivenyl, asam vetivenic, dan juga senyawa lainnya.

Akar Wangi Pengusir Nyamuk
Tanaman ini bisa digunakan sebagai tanaman hias yang memiliki banyak manfaat, sangat bagus kalau tanaman ini ditempatkan di dalam rumah anda, karena akar tanaman ini mengeluarkan bau yang menyengat dan tidak disukai nyamuk.

Dan juga tanaman ini bisa ditempatkan di pekarangan rumah anda, akan tetapi anda juga harus menjaga lingkungan anda agar selalu bersih, agar nyamuk, nyamuk tidak bersarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *