Alang-alang Atau Ilalang

Alang-alang atau diesbut juga dengan nama ilalang meruapakan salah satu tumbuhan gulma, ini merupakan tumbuhan menahun dengan merupakan salah satu tumbuhan dari jenis rumput-rumputan. Tumbuhan ini berbiak dengan cepat baik melalui bijinya yang tersebar tertiup angin atau dengan rimpangnya yang tumbuh dengan cepat. Akan tetapi tumbuhan ini tidak menyukai tempat yang gersang dan berbatu.

Tumbuhan ini tumbuh baik di ladang, hutan, pinggir jalan dan lapangan berumput daerah kering yang banyak terkenak sinar matahari. tanaman ini biasanya tumbuh mencapai ketinggian antara 0.5 sampai 1.5 m, dengan berbatang padat, beruas dan berambut jarang.

Bunga ilalang dengan susunan bulir yang majemuk serta menguncup, dengan panjangnya sekitar 6 sampai 28 cm. dengan setiap cabang terdapat 2 bulir,  dengan panjang bulirnya 3 mm, pada setiap pangkal bulir terdapat rambut halus dengan warna putih dan bisa diterbangkan oleh angin.

Daun berbentuk tunggal yang bagikan pita, dengan pangkalnya yang saling menutup. Warna daun ilalang hijau bila sudah tua akan berwarna coklat, daunnya runcing dengan berdiri tegak tajam, hati hati kalau anda menyentuk daun ini, karena bisa melukai tangan anda dan juga gatal-gatal.

Tangkai pada bunga ilalang biasanya panjang antara 1 - 3 mm, dengan kepala putiknya bagaikan bulu ayam, pada satu tangkai memiliki dua bulir yang tersusun, yang ada di atas adalah bunga sempurna, dan yang di bawahnya bunga mandul.

Selain sebagai tanaman yang menganggu tumbuhan ini, terdapat juga manfaatnya, akar tumbuhan ini beku, berbuku-buku dengan menjalar, rasa akarnya kadang manis, kadang juga pahit, Tunas muda dari alang-alang bisa dimakan dan sangat bermanfaat terutama bagi anak-anak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *