Ciri ciri Umbi Lapis

Umbi Lapis (bulbus) merupakan jenis umbi yang terbentuk dengan tumpukan pangkal, daun pada umbi jenis ini tersusun dengan rapi dan dengan bentuk roset, jenis umbi lapis berbeda dengan tumbuhan umbi lainnya, karena umbi lapis ridak mengakumulasi karbohidrat, dengan bentuk polisakarida, pembesaran umnbi terjadi karena terkumpulnya sel selnya.

Bagian batang tumbuhan ini terdapat dalam permukaan tanah, dengan pendek daun daunnya tebal dengan berbentuk sisik dan berdaging, ujung bawahnya berbentuk bonggol bagian bawah tumbuh akar dan permukaan atas tumbuh batang, contohnya bawang, gladiol.

Ciri ciri Umbi Lapis

Umbi ini terbentuk dengan beberapa suku monokotil contohnya Amaryllidaceae dan Liliaceae. Pada umbi lapis memiliki bagian pangkal yang keras yang disebut dengan Cakram (discus), ini sebenranya adalah batang, dan dari cakram ini tumbuh bagian bagian daun yang tebal, barair dan lunak, karena ini maka terbentuk sruktur yang membengkak dan disebut dengan umbi. Dan bila lapisan ini besar yang saling menutupi maka disebut dengan tunica, bila lapisan tersebut kecil dengan saling menyirap maka akan disebut dengan nama squama (sisik).

Umbi lapis kalau di belah maka akan tampak bagain bagian lapisan lapisan yang sampai ke bagian pusatnya, apabila di belah umbi ini maka tampak sruktur padat yang serupa dengan rimpang.

Ciri ciri Umbi Lapis
Umbi lapis adalah pelapah daun berlapis lapis,  pada bagian atas umbi tumbuh daun dan bagian bawahnya tumbuh akar yang disebut dengan cakram dan akar serabut, contoh umbi lapis yang kita sering lihat bawang putih, bawang merah, bakung, dan tanaman bunga tulip. Umbi lapis berkembang biak dengan dimulainya tumbuh suing pada tunas ketiak yang paling luar, pada saat pertama muncul tunas, umbi ini akan mengambil makanan pada induknya. apabila tanamannya sudah tumbuh besar dengan berdaun dan akar maka akan membuat makannya sendiri dan melakukan Fotosintesis.

Inilah yang dapat dibagikan pada kesempatan kali ini, semoga ini dapat menambah pengetahuan anda semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *