Lithops Tumbuhan Seperti Batu Dengan Bunga Yang Cantik

Lithops atau Living Stone merupakan tumbuhan unik, tumbuhan ini seperti batu dan ini adalah tumbuhan, tumbuhan ini pandai sekali menyamar agar tidak di kenali oleh manusia, dan dari gangguan hewan, tumbuhan ini tumbuh di antara batu dan kerikil dan sangat sulit unutuk menemukan tanaman ini, karena bentuk fisik tumbuhan ini sangat mirip dengan batu.

Tumbuhan Lithops tumbuh di daerah yang jarang hujan, dengan demikian tumbuhan Lithops juga pandai menyimpan air. Tumbuhan ini sangat sulit untuk membedakan yang mana batu dan yang mana Lithops, mereka sangat mirip dengan batu dan tanah disekitar mereka tumbuh, Prilaku atau adaptasi untuk tanah menyebabkan tanaman ini muncul banyak spesies Lithops.

Tanaman ini pertama mekar pada sore dengan cuaca yang cearh, bunga tanaman ini mirip dengan dandelion dengan warna putih atau kuning yang indah tergantung dari spesies Lithops itu sendiri.

Yang paling unik juga terdapat pada daun tumbuhan ini, daunnya tidak hijau seperti tumbuhan pada umumnya, terdapat beberapa motif warna dari daun tanaman ini di antaranya abu-abu, coklat krem, dan bermotif dengan daerah sekitarnya, dengan demikian tumbuhan Lithops sangat pandai untuk menyamar dilingkungan tempat dia tumbuh.

Tumbuhan Lithops memiliki sepasang daun tebal dan kecil dengan diameter 2 cm sampai 3 cm. Daun ini juga berfungsi untuk menyimpan air karena tumbuh di daerah Afrika Selatan dan Namibia.

Tumbuhan ini tumbuh secara alami di daerah Namibia dan Afrika selatan, dan di daerah perbatasan kecil di Botswana dan mungkin Angola. Mereka tumbuh dari permukaan laut sampai pengunungan tinggi.

Kalau di Indonesia tumbuhan ini agak susah untuk tumbuh secara alami, karena iklim di indonesia jelas beda dengan iklim di Afrika, ada juga yang membudidayakan sebagai tanaman hias, kadang mereka banyak mengalami kegagalan dalam budidaya tanaman ini, para pembudidayak juga kadang harus mengimpor langsung dari Afrika. Dengan keunikan tanaman ini dan juga bunga yang cantik maka tak heran kalau tanaman ini banyak sekali peminat untuk mejadikan sebagai tanaman hias.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *