Macadamia, Kacang Paling Enak Didunia

Macadamia merupakan genus tanaman yang dari keluarga Protoceae, dengan total ada 8 spesies Macadamia, 7 terdapat di Autralia Timur dan satunya terdapat di pulau Sulawesi. Indonesia. Tanaman kacang dapat tumbuh dengan tinggi pohonnya 6 - 40 meter. Daunnya penjang sekitar 6-30 cm, dengan warnanya yang bervariasi antara putih dang ungu. Dalam satub bunga tanaman Macadamia maka terdapat satu biji atau 2 biji, dan dari biji bunga ini dinamakan dengan kacang Macadamia.



Kulit kacang Macadamia keras dengan warna gelap, dengan kulitnya yang tebal dan keras orang-orang dari suku Oboringin memukul pada pada biji tersebut. Dibalik kulitnya yang keras dan gelap terdapat isinya yang berwarna kream. Isi di dalamnya yang kream tersebut sangat gurih, renyah akan tetapi tidaklah keras, orang-orang berpendapat bahwa kacang Macadamia merupakan salah satu kacang terenak di dunia.

Pada saat orang orang inggris dahulu ke Australia saat pertama kali, orang-orang itu disambut dengan hangat oleh suku Aboringin, pada saat makan mereka diberikan kacang Macadamia, dengan ini maka orang-orang Inggris mengira bahwa mereka dipermainkan oleh orang-orang suku Aboringin, karena mereka diberikan kacang yang sangat keras dan tidak masuk akal, dan mengira bahwa kacang tersebut tidak bisa dimakan, kemudian orang-orang dari suku Aboringin mengajarkan cara mengupas dan cara memakan kacang Macadamia, maka pada saat itu orang orang inggris tersebut sangat kagum dan jatuh cinta dengan kacang Macadamia.

Dengan peristiwa itu kacang Macadamia pun dikenal dan populer dan laris. beberapa pabrik pembuatan coklat pun menggunakan kacang Macadamia di dalamnya disaat mereka belum memakai kacang mede atau almond. Maka dengan juga banyak orang-orang eropa yang berdatangan ke Autralia untuk mencari kacang tersebut. Mereka banyak membuka lahan untuk kacang Macadamia, dan juga di tanam diluar Autralia, sekarang ini banyak juga kebun Macadamia di dunia.

Kacang Macadamia terdapat dengan 8 spesies. akan tetapi cuma 2 spesies yang mampu mengahasilkan kacang Macadamia yaitu macadamia integrifolia dan yang satunya lagi macadamia tetraphylla. Kedua spesies tanaman ini tersebut di autralia, yang lain tidak bisa dimakan dan ada juga spesies tanaman ini yang bijinya beracun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *