Manfaat Bunga Raflesia

Tumbuhan ini dinamakan dengan Rafflesia Arnoldi, ini merupakan salah jenis bunga bangkai, disebut dengan bangkai karena tumbuhan ini saat berbunga baunya menyengat, yaitu mengeluarkan bau seperti bau bangkai, nama Rafflesia Arnoldi ini berasal dari nama dua orang ilmuan yaitu Sir Stamford Raffles dan seorang lagi ahli fisik dengan nama Josep Arnold. 

Manfaat Bunga Raflesia

Tanaman ini ditemukan pada tahun 1818 ketika mereka expedisi di daerah dekat bengkulu, semua spesie tanaman ini dapat di temukan di Asia Tenggara, semenanjung Malaysia, Sumatera, Kalimantan dan Filipina. Tumbuhan ini merupakan jenis tanaman Rafflesia golongan Amorphophalus Titanum Becc yang merupakan bunga bangkai, dan masuk dalam uku Araceae atau suku Talas-talasan. Bunga ini sangat busuk sperti bau daging busuk, bunganya berukuran sekitar 20 cm. Maka dengan ini tanaman ini dinamakan dengan bunga bangkai, dengan bau busuk yang sangat menyengat maka lalat dan kumbang kotoran sangat menyukainya.

Tanaman ini merupakan bunga indentitas provinsi bengkulu, dan salah satu puspa bunga langka dari tiga bunga nasional yaitu bunga anggrek bulan satunya lagi bunga melati putih. Tanaman Raflesia merupakan tanaman yang dilindungi dan dikembangbiakkan.

Tanaman ini merupakan kekayaan hati indonesia, yang tidak ada nilai dengan uang, kalau untuk manfaatnya harus memiliki penelitian yang intens agar menemukan manfaatnya untuk manusia, kalau menurut Menurut Holif bunga bangkai atau dalam bahasa latin dikenal dengan Amorphopallus Tinanum yang artinya tongkat "Dewa Titan", tanaman ini memiliki kelebihan dan manfaat cukup banyak salah satunya tanaman ini memiliki karbohidrat yang tinggi, bunganya juga bisa mengobati sakit perut, getahnya bisa digunakan sebagai untuk perekat luka bakar luar, dan mengandung banyak sekalai vitamin A dan B, dan juga tepungnya yang sangat halus dan subur banyak mengadung karbohidrat.

Sumber dari forum brainly,co,id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *