Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan

Kangkung merupakan salah satu tumbuhan yang mudah ditemukan dengan harga yang murah di pasar, kalau dalam penanaman juga terbilang mudah. Tanaman sayur ini ternyata sangat bagus untuk memerangi penyakit diabetes. Kalau dalam bahasa Aceh Tumbuhan ini dinamakan dengan Oen Rumpuen.

Menurut dari beberapa sumber tanaman ini berasal dari Hindia yang menyebar ke wilayah Asia lainnya, ke Autralia dan Afrika. Kangkung merupakan tanaman rawa-rawa dan tumbuh juga di daerah berlumpur, untuk penanamannya sanga mudah dan cepat tumbuh sekitar 6 minggu tanaman ini udah bisa di panen.

Terdapat beberapa jenis kangkung, kalau di Indonesia sering kita jumpai 2 jenis kangkung, kangkung air dan kangkung darat yang bisa tumbuh di daerah tanah yang kering, bentuk fisik tanaman ini merambak baik yang di air juga di darat. Tanaman kangkung air biasanya memiliki warna daun yang hijau kelam dengan agak lebar dengan bunganya ungu, kalau kangkung yang tumbuh di darat atau tempat kering daunnya lebih kecil dengan bunga yang berwarna putih.

Tanaman kangkung juga memiliki kandungan gizi seperti tanaman sayur lainnya, seperti daun singkong dan daun pepaya, terdapat beberapa kandungan gizi dalam tanaman kangkung, di antaranya vitamin A, C dan B kompleks, Fosfor, Kalsium dan juga terdapat kandungan zat besi dalam tumbuhan kangkung.

Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan

Mencegah Anemia
Lemah, lesu kadang terasa pusing, ini bisa disebabkan oleh kurang darah, dalam tumbuhan kangkung terdapat zat besi yang mampu merangsang sel darah merah. Ini seperti halnya kacang pajang, ubi jalar dan kacang merah.

Diabetes
Mengkonsumsi sayur yang berupa kangkung dengan rutin maka ini dapat menghambat penyerapan gula dalam tubuh. maka dengan mengkonsumsi sayuran dengan nasi putih maka bisa menikmati mangfaatnya bagi tubuh.

Meningkatkan Kualitas Otak
Dalam kangkung terdapat akan kandungan vitamin B kompleks dan juga omega 3 ini bisa membantu meningkatkan kinerja otak, dengan ini maka kangkung sangat baik untuk dihidangkan untuk anak anak yang lagi masa pertumbuhan, karena ini bisa meningkatkan kecerdasan otak.

Menjaga Sistem Imun
Kangkung merupakan sayuran hijau yang merupakan sumber untuk menjaga sistem imun ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusia, dengan kita mengkonsumsi sayuran hijau maka tubuh kita dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung
Dalam kangkung terdapat kandungan vitamin A dan C serta beta karoten. dengan kandungan ini maka bisa menggurangi radikal bebas dalam tubuh sebagai anti oksidan. 

Baik Untuk Mata
Kangkung terdapat akan kandungan Vitamin A, Karotenoid dan Lutein. dengan kandungan vitamin ini sangat baik untuk mejaga kesehatan mata dan dengan zat tersebut dapat mengurangi resiko katarak.

Mengurangi Kolesterol Dalam Tubuh
Kangkung baik juga untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Menurut penelitian yang dilakukan bahwa kangkung efektif menurunkan kadar kolesterol serta triglycoside pada darah dalam tubuh.\

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *