Namdur Papua

Burung Namdur (Amblyornis inornatus) atau dikenal juga denan burung Bowerbird burung ini masauk dalam keluarga Ptilonorhynchidae, kalau di Indonesia dapat ditemukan beberapa sepsies burung ini, semua jenis yang ditemukan di Indonesia terdapat di Papua dan merupakan burung Endemik papua, Burung ini merupakan salah satu burung yang unik. apa saja keunikan dari burung ini kita akan membahasnya di bawah ini.

Namdur Papua

Burung jantan di saat mereka suka dengan pasangannya atau mereka berpacaran, mereka akan membuat sarang yang sangat unik, mewah dan khas, kenapa demikian, karena di dalam sarang yang jantan buat tersebut dilengkapi dengan barang barang yang berwarna cerah dan desain sarangpun sangat unik. maka dengan ini dikatakan kalau burung Namdur salah satu arsitek yang cerdas.

Ini boleh dibilang merupakan mas kawin buat pasangannya, kalau sang jantan membuat sarang sederhana dan biasa-biasa saja maka si burung betina akan memilih yang lain yang lebih mewah dari pada sarang yang biasa-biasa saja, boleh dikatakan cewek matree, mereka tidak mau dipcarin apalagi dikawinin kalau sarangnya biasa biasa saja.

Namdur Papua

Burung namdur terdapat 17 spesies dan delapan di antaranya terdapat di Papua - Indonesia. Selain di Indonesia - Papua terdapat juga jenis burung ini di tempat lain yaitu Papua Nugini dan Autralia. Dari 17 spesies burung ini keluarga Ptilonorhynchidae yang terdiri dari 8 genus , yaitu:
  • Genus Ailuroedus
  • Genus Archboldia
  • Genus Scenopooetes
  • Genus Amblyornis
  • Genus Sericulus
  • Genus Prionodura
  • Genus Chlamydera
  • Genus Ptilonorhynchus
Burung namdur tidak memiliki bulu yang indah untuk dipamerkan seperti burung-burung yang lain, contohnya burung betina memiliki bulu yang indah dan menari yang dipamerkan kepada burung lain atau untuk memikat betina, akan tetapi beda dengan burung namdur, mereka tidak memiliki bulu indah dan menari, akan tetapi burung ini memiliki bakat yang sangat luar biasa untuk dipamerkan dihutan-hutan.

Namdur Papua

Burung namdur memiliki rumah yang sangat keren, dan mereka sangat kaya raya dihutan, barang barang anti yang di akutnya ditempatkan di dalam rumah atau didekat rumah, maka dengan ini sarang burung numdur sangat menakjubkan, kadang burung ini juga mengangkut barang-barang bekas dari manusia.

Sekian yang dapat saya bagikan tentang burung namdur semoga anda menambah pengetahuan, dan banyak tahu tentang alam, sekian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *