Tanaman Bunga Dandelion dan Manfaatnya

Bunga Dandelion ini merupakan bunga yang fenomenal, pastinya anda mengenal bunga ini, kalaupun kita tidak melihat langsung tapi tanaman ini banyak orang yang mengenalnya, karena banyak kita lihat di film film atau animasi yang mejadikan bunga ini bagian dari film atau animasi merek.


Dandelion memiliki naman latin dengan Taraxacum officinale, dulu pertama kali ditemukan tanam ini dinamakan dengan 'dent de lion' yang berarti gigi singa, oleh orang prancis. karena tanaman ini memiliki daun yang bergerigi.

Dahulu juga naman latin tanaman ini Dens leonis, dan lainnya Carl Linneaus, dan Leontodon taraxacum untuk bunga spesies ini pada tahun 1753 banyaj juga ya namanya.

Bunga tanaman ini indah dengan warna kuning, kelopak Dandelion bulat panjang seperti kepala, tanaman Dandelion berbunga antara bulan Maret sampai bulan Oktober.

Tanaman ini memiliki biji putih yang mirip dengan bunga juga, akan tetapi itu bukanlah bunga tapi benih dari bunga Dandelion, benihnya yang putih putih itu akan terbang satu persatu kalau di tiup angin, biji yang terbang itu dinamakan dengan parachute and seed, bijinnya itu dapat terbang jauh, dan tumbuh di daerah tempat lain. Dalam satu tangkai bunga Dandelion bisa menghasilkan 54 sampai 172 benih dengan satu tanaman Dandelion bisa menghasilkan benih mencapai 5000 benih pertahun.

Manfaat Bunga Dandelion

Medicinal
Penduduk Asli Amerika Menggunakan dekoksi dandelion sebagai obat untuk mengobati ginjal, bengkak, gangguan perut, maslah kulit, dan heartburn.
Dalam pengobatan Cina menggunakan dandelion sebagai obat gangguan pencernaan, Masalah panyudara, appendisitis.
Herbalis Eropa menggunakan tanaman ini sebagai obat demam, masalah mata, bisul, diare dan diabetes.
Akar tanaman ini diguanakan sebagai stimulan nafsu makan, sebagai obat funsi hati, digestif, fungsi empedu.
Daun tanaman ini digunakan sebagai diuretik untuk menstimulasi ekskresi urin
Laksatif
Mengobati Rematik
Dekoksi daun tumbuhan Dadelion digunakan untuk pembersih darah, Anemia, gangguan Nerveous dan Jaundice.
Bunga tanaman ini digunakan untuk antikoksidan dan untu meningkatkan sitem imun.

Inilah sekilas tentang bunga Dandelion yang mungkin bermanfaat untuk anda, ini merupakan tanaman yang banyak dijadikan sebagai logo atau lainnya di Eropa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *