Tapir Asia, Hewan yang Dilindungi

Tapir Asia (Tapirus indicus), merupakan salah satu hewan yang di lindungi di Indonesia, Tapir Asia meruapakan satu satunya tapir yang ada di asia, Tinggi tapir ini mencapai 90 sampai 107 cm, dengan bobotnya rata rata 500 kg, antara tapi jantan dan betina beda ukurannya, tapir jantan lebih kecil daripada tapir betina, yang unik dari tapir ini adalah jumlah kukunya, kuku belakang terdapat 3 kuku dan yang depan 4 kuku. Panjang tubuhnya sekitar 1,8 sampai 2,4 meter.

Tapir Asia memiliki keunikan tersendiri dan mereka cerdas dan memiliki banyak kelebihan, tapi ini memakan daun-daunnan dan umbi, mereka sangat aktif pada malam hari dan memilih untuk beristerirahat pada siang hari, karena indera penglihatan mereka sangat buruk, tapi indera pendegaran dan penciuman sangat tajam, mereka sangat pandai jalan di tempat yang curam dan mereka menyukai tinggal di daerah yang basah atau berair. Mereka dapat beranang dan mampu bertahan dalam air beberapa saat lamanya, mereka berkomunikasi sesama dengan bersiul dengan kencang.

Tapi Asia bentuk mulutnya panjang bagaikan mulut babi, akan tetapi mereka memiliki kekerabatan dengan kuda dan badak, bulunya berwarna hitam pada bagian ujung telinga terlihat putih, bagian belakang tubuhnya putih, ada juga yang hitam dengan ini sekilas tapir ini terlihat bagaikan batu.

Tapir Asia pada umumnya tidak menyukai tempat keramaian, dan mereka cenderung menyendiri, mereka membatasi wilayahnya dengan cara menyebarkan urin-urin di dedaunan tumbuhan-tumbuhan, sehingga mereka saat bertmain di hutan tahu bahwa itu kekuasaan tapir lain, kadang juga mereka menandainya tempat yang sudah di miliki tapir lain.

Tapir ini pada umumnya memiliki usia sampai 30 tahun, untuk kehamilan dan melahirkan juga sangat lama sekitar 400 hari dengan bobot sekitar 15 pon. Perbedaan tapi Asia dengan tapir lainnya adalah tapir Asia lebih besar dan pertumbuhan lebih cepat dari pada tapi lainnya. Tapi ini mulai dewasa ketika mereka sudah mulai 3 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *