Tumbuhan Ketepeng atau Ketepeng Cina

Tumbuhan Ketepeng atau disebut juga dengan Ketepang Cina (Cassia alata), ini merupakan tanaman tropik yang berasal dari Amerika Tropik, tanaman ini merupakan tanaman perdu dengan daunnya yang bulat telur yang saling berhadapan, mahkota bunga warna kuning, dan terdapat polong bersayap yang pipih pada bagian bawah yang berwarna hitam.

Tanaman ini juga tumbuh di Indonesia dan dapat ditemukan di daerah lahan kosong yang tumbuh liar bersama semak semak. Walaupun liar kadang orang berpikir bahwa tanaman ini tidak berguna, akan tetapi tanaman ini merupakan tanaman yang banyak khasiat dan bermanfaat untuk kesehatan sebagai tumbuhan herbal. Tanaman ini sudah banyak digunakan oleh orang-orang dahulu untuk menyembuhkan beberapa penyakit, seperti penyakit kulit dan laiinya. Nama tanaman ini dibeda-beda sesuai dengan tempat dia tumbuh, Seven golden candlestick (Inggris), Ketepeng Kebo (Jawa), Kupang-kupang (Ternate), Acon-aconan (Madura), Ketepeng Badak (Sunda), Tabankun (Tidore) dan Sajamara (Halmahera). Yang banyak digunakan dari tanaman ini adalah daunnya, karena pada daun tanaman ini terdapat kandungan senyawa kimia Rein aloe emodina,aloe emodina,  rein, aloe emodina,asam krisofanat, rein aloe emodina diantron, asam krisofanat, tanin dan dihidroksimetilanthraquinone. Daun tanaman ini memiliki rasa pedas yang bisa bermanfaat untuk insektisidal, untuk mengatasi gatal, obat cacingan, dan untuk kelainan kulit karena parasit.

Khasiat Daun Ketepeng
  • Mengobati Herpes Simplex, ini dapat di lakukan dengan cara mengambil daun ketepeng dan giling sampai halus, dan ambi sari dari daunnya, dan selanjutnya gosok di bagian yang luka secukupnya.
  • Mengobati kandas, ini dapat dilakukan dengan cara ambil daun ketepeng dan giling sampai halus, tambahkan tawas sebesar ibu jari, haluskan kemudian gosoklah campuran tersebut ke bagian yang yang sakit sampai dengan rata pada bagian kadas. Lakukan setiap hari sampai sembuh.
  • Untuk menngobati kurap, ini dapat dilakukan dengan cara giling daun ketepeng sampai halus dan gosoklah pada bagan yang kenak penyakit kurap secukupnya, baiknya di saring dulu supaya hanya sarinya saja, ini dapat dilaklukan 2 kali sehari sampai kurap sembuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *