Buah Buahan Penambah Darah

Salam untuk semua dan Selamat datang di blog Aneuk Uteun, Sekarang ini saya akan bagikan Buah Buahan Penambah Darah yang sangat bagus untuk menambah darah secara alami, bila anda terkenak penyakit anemia atau dalam istilah sehari sehari dikenal dengan kurang darah, anemia merupakan salah satu kondisi dimana tubuh kita kekurangan hemoglobin. dan kadar hemoglobin dalam darah yang normal antara 13,5 sampai 18 gram/ dl. 

Kadar hemoglobin yang normal dalam darah bervariasi sesuai dengan usia manusia, berikut ini adalah tingkatan kadar hemoglobin yang normal dalam darah. 
Bayi :17 - 22 gm
Anak-anak : 11 - 13 gm
Pria dewasa antara 14 - 18 gm
Wanita dewasa 14 sampai 16 gm
Pria lansia 12,4 - 14,9 gm
wanita lansia sekitar 11,7 sampai 13,8 gm 

Gejala anemia atau kurang darah dapat dilihat dari ciri-ciri diantaranya sering sakit kepala, badan sering lelah, konjungtive atau mata terlihat pucat, rambut rontok, kalau ditekan warna ujung jari putih yang agak lama, dengan wajah yang pucat, jantung bedebar-debar, dan kekebalan tubuh menurun, dan sesak nafas, bagi yang mengalami kondisi anemia maka aktifitas orang tersebut sangat menganggu atau menurunkan produktifitas kerja.

Bagi penderita anemia atau kurang darah salah satu solusi dengan mengkonsumsi buah yang dapat menambah darah, beberapa buah yang banyak nutrisi dan dapat meningkatkan hemoglobin dalam darah. Penyebab anemia terdapat beberapa faktor di antaranya kurangnya asupan nutrisi pembentukan sel darah merah, lelah, stress, faktor genetik, atau mengalami suatu penyakit yang mengakibatkan sel darah darah merah menurun. faktor hormon juga mengakibatkan anemia contoh pada wanita hamil dan mengalami menstruasi. Anemia kalau dibiarkan dapat berakibat fatal dan perlu dilakukan pencegahan salah satu yang dapat kita lakukan untuk pencegahan penyakit anemia adalah mengkonsumsi buah-buahan yang banyak nutrisi. 

Buah adalah sumber vitamin dan berbagai mineral yang diperlukan oleh tubuh dan merupakan zat pengatur, buah-buahan terdapat zat penting seperti vitamin dan minera yang sangat bagus untuk mengatur metabolisme tubuh dan dapat meningkatkan kinerja hormon dan enzim, dan juga sangat berperan untuk pembentukan sel-sel pada jaringan tubuh kita seperti pembentukan sel darah merah. 

Buah Apel
Apel

Berikut ini adalah Buah Buahan Penambah Darah yang sangat bagus dan ini adalah alami untuk tubuh kita:

Pisang (Musa paradisiaca)
Buah pisang kaya akan vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh, termasuk dalm buah piang terdapat akan kandungan zat besi yang dapat membantu mengoptimalkan hemoglobin dalam tubuh, dengan mengkonsumsi buah pisang setiap hari maka anda dapat mengatasi penyakit anemia, dan juga buah pisang memiliki manfaat lainnya untuk tubuh.

Jambu biji (Psidium guajava)
Jambu Biji merupakan salah satu buah yang banyak dikonsumsi manusia dan buah ini banyak dijadikan sebagi jus dengan rasa yang sangat enak, jambu biji daging pada buahnya atau daging pada tempat biji-bijinya ada yang berwarna merah dan juga yang warna kuning dan putih, kalau untuk menambah darah mengkonsumsi buah jambu biji sangat bagus, dalam jambu biji kaya akan kandugan vitamin C, Vitamin A dan B1 dan juga dalam jambu biji terdap-at akan kandungan Zat besi yang sangat berperan penting dalam pembentukan Hemoglobin maka dengan ini buah jambu bij sangat bagus untuk menambah darah, dan buah ini sangat bagus juga bagi penderita Demam Berdarah karena buah ini berkhasiat untuk meningkatkan kadar trombosit. 

Buah Mangga (Magnifera indica)
Buah mangga merupakan salah satu buah yang kaya kan serat, kebanyakan buah ini juga dijadikan sebagai jus dan juga banyak dikonsumsi secara langsung, dalam buah mangga banyak mengandung Vitamin A, B1, B3, B6, C, E, K, Asam Folat dan terdapat juga beberapa kandungan mineral seperti zat besi, magnesium, Kalsium, tembaga, Seng, dan mangan. Semua unsur vitamin dan mineral pada buah mangga berperan dalam pembentukan sela darah merah pada jaringan tubuh, maka dengan ini buah mangga salah satu buah yang sangat baik untuk menambah darah. 

Buah jeruk (Citrus)
buah jeruk merupakan nsalah satu buah yang sangat baik untuk pembentukan sel darah merah kerena mengandung nutrisi yang sangat berperan aktik dalm pembentukan sel darah merah sperti magnesium, Asam Float, Zat besi, kalsium, fosfor, tembaga, Vitamin, B1, B2, B3, B5, B6, dan umumnya dikenal dengan jeruk adalah penghasil Vitmain C yang tinggi. Buah jeruk merupakan salah satu buah yang kaya akan antioksidan yang dapat mengakal radikal bebas, maka dengan mengkonsumsi buah ini selain dapat meningkatkan sel darah juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh yang dapat terhindar dari penyakit dan juga bisa menjaga kesegaran tubuh dan mempercantik kuliit wajah.

Strwaberry (Fragaria daltoniana)
Buah Strwaberry (Fragaria daltoniana) merupakan salah satu buah kaya akan vitamin C. Dalam buah Strwaberry juga banyak akan kandungan akan nutrisi yang diperlukan oleh darah dalam buah Strwaberry terdapat akan kandungan vitamin A, B1, B2, B3, B6, E dan K, kalsium, mangan, dan Zat besi, dalam buah Strwaberry juga terdapat akan kandungan Antosianin yang bagus untuk antioksidan, buah Strwaberry juga sangat bagus uhntuk antiinflamas, buah ini sering digunakan juga sebagai buah diet yang kaya akan serat.

Buah Naga (Hylocereus undatus)
Dalam buah naga terdapat akan kandungan Zat besi, kalsium, Fosfor, vitamin C, B1, B3, B12 dan berbagai mineral lainnya. maka buah ini sangat bagus untuk meningkatkan sel darah merah, yaitu untuk meyembuhkan anemia, akan lebih baiknya kalau buah naga yang di pilih dengan daging buahnya yang wran merah, dan buah naga juga kaya kan antioksidan.  

Buah Apel (Malus sylvestris)
Kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah apel antara lain vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, C, magnesium, zat besi, Natrium, kalium, kalsium, seng, asam folat, dan fosfor, maka bagi penderita anemia disarankan untuk mengkonsumsi buah ini setiap hari, dan buah ini kaya akan kandungan serat dan dapat melancarkan pencernaan, dan buah ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. 

Alpukat (Persea americana)
Alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki kadnungan lemak tak jenuh, lamak ini yang sangat dibutuhkan oleh metabolisme tubuh, buah almpukat juga bisa menambahkan sel darah merah kerena buah alpukat mengandung akan kandungan zat besi, Vitamin A, B1, C dan Fosfor dan juga mineral penting lainnya. Dalam buah alpukat juga kaya akan kandungan serta yang sangat bagus untuk pencernaan. 

Anggur (Vitis vinivera)
Buah anggur merupakan salah satu buah yang dapat meningkatkan sel darah merah, dalam buah anggur terdapat akan kandungan vitamin C, B1, B2, B3, B5, B6, B9, B12, K, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, mangan, aklium, seng dan natrium, buah anggur merupakan salah satu buah yang dapat mencegah penyakit jantung koroner, mengatasi hipertensi (tekanan darah tinggi), mengatasi insomnia, dapat menghambat sel kanker, diabetes (kencing manis), menjaga kesehatan kulit, dan mencegah osteoporosis.

Anda dapt mengkonsumsi buah di atas dengan cara langsung atau di buat jus dan dengan bahan bahan yang di campur lainnya. dan anda dapat menghindari dari kondisi ini dengan cara mengkonsumsi buah, hindari rokok dan alkohol, jauhi hal yang membuat anda stress, dan olahraga yang cukup, banyak minum air putih dan bila ada mengalami kondisi ini konsultasi dengan doktor. (P-KO)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *