Buah Namnam Cynometra cauliflora

Buah Namnam (Cynometra cauliflora)

Buah Namnam (Cynometra cauliflora) sering disebut dengan sawo pancukan atau dikenal juga dengan nama kopi anjing. Tumbuhan ini muncul buah di batangnya seperti buah kepel. buah ini kalau di sunda disebut dengan pukih, dimakasar disebut dengan puti anjing, dalam bahasa bugis dikenal dengan Arepa, kalau dimanado dinamakan dengan namu - namu, di daerah ternate disebut dengan namo-namo, Halmahera dinamakan dengan Namet. Buah ini merupakan buah yang eksotis warna buah tanaman ini coklat dengan agak kekuningan, struktur buahnya keriput atau kerut. dengan bunganya yang warna pink dan putih, dengan bunganya muncul di batang, buah tanaman namnam kalau di Indonesia dapat dikonsumsi langsung atau di buat rujak, sambal atau dijadikan sebagi asinan. Selain buahnya yang dapat dimakan tumbuhan ini juga memiliki khasiat bagi kesehatan seperti diare, diuretika dan bisa menyembuhkan kencing batu. dan tumbuhan ini juga banyak dijadikan sebagai tanaman penghias halaman.

Dalam bahasa ilmiah tumbuhan ini dikenal dengan nama Cynometra cauliflora, dengan perbanyakan dilakukan dengan biji. tumbuhan ini bisa tumbuh ditaran rendah/iklim panas dengan suhu 30-35°C dengan cahaya matahari full.

Tumbuhan nam-nam berbuah sampai dengan usia 3-5 tahun, buahnya dapat dimakan dengan cara diolah terlebih dahulu seperti selai, manisan, jus dan lain-lain.

Demikianlah yang dapat dibagikan tentang tumbuhan namnam yang mungkin ini bermanfaat untuk anda sekalain,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *