Buah Siwalan atau Pohon Lontar

Buah lontar atau di kenal juga dengan nama Buah Siwalan, memiliki kemiripan dengan buah kolang kaling, ini sma di textur buahnya. buah lontar memiliki daging buah yang bening, kenyal, rasanya manis, dan berair, bila sudah tua maka lebih keras dan rasanya sepah. Rasanya hampir sama dengan buah kolang kaling dan tumbuhan ini satu keluarga dengan kolang kaling yang meryupakan tumbuhan monokotil yaitu tumbuhan berbiji tunggal.
Buah Siwalan atau Pohon Lontar

Daging buah tumbuhan ini lebih tebal dan banyak digunakann sebagai campuran minuman segar dari pada dimakan langsung, tak hanyak di gunakan sebagai bahan campuran minuman akan tetapi daging buah tanaman banyak manfaat bagi kesehatan karena dalam daging buah tanaman ini banyak mengandung gizi yang baik untuk kesehatan.

Tumbuhan lontar atau Siwalan tumbuh di wilayah Asia selatan Dan Asia tenggara, pohon ini mirip dengan pohon kelapa atau palem, dengan tinggi tanaman bisa mencapai puluhan meter kadang juga melebihi pohon kelapa, dengan usia tanaman bisa mencapai puluhan tahun, tumbuhan ini dikenal dalam bahasa ilmiah dengan nama Borassus Flabellifer, daun tanaman ini mirip dengan kipas.

Buah lontar bergerombol biasanya dalam tandan bisa mencapai 20 buah. bulat dengan diameter 7-20 cm. dengan warna buah coklat sampai hitam, bila sudah tua maka daging buahnya berwarna kuning, bijinya tiga butir dengan tempurung yang keras dan tebal, daging buahnya berserat dapat di makan segar dan juga bisa dimasak dulu. Cairan kuning di ambil untuk campuran pangan dan kue-kue dan kadang juga di jadikan selai.

Jenis pohon lontar terdapat dua macam, yang pertama bunga manggar bagikan kelapa yang menghasilkan buah dengan nama buah siwalan, isinya seperti kolang kaling yang empuk, kenyal dan manis. tumbuhan yang satu lagi berbunga dengan bentuk sulur dan banyak digunakan untuk di ambil getahnya dijadikan Legen. Dua jenis tanaman Siwalan ini saling membutuhkan agar penyerbukan untuk tanaman ini yang menghasilkan buah Siwalan dan ditanam dan menghasilkan pohon yang serupa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *