Burung Kasuari Kerdil (Casuarius Bennetti)

Seperti namanya burung kasuari kerdil, jenis ini salah satu yang paling kecil di antara kasuari lainnya, burung kasuari ini gambir tidak pada leher seperti Kasuari Gelambir Tunggal dan Kasuari Gelambir Ganda. Ciri-ciri burung ini terdapat bulu dengan warna biru cerah pada leher dan bulu pada badannya hitam, dengan tanduknya yang pipih dan tidak besar sperti tandukp-tanduk burung kasuari jenis lainnya. burung ini memiliki skill berenang, melompat, dan dapat menendang ke depan dengan kuat.

Burung Kasuari Kerdil (Casuarius Bennetti)

Walaupun burung kasuari ini disebut dengan burung kasuarai kerdil akan tetapi mereka tetaplah burung raksasa yang tingginya bisa mencapai sampai 1 meter, cuma burung kasuari ini bentuknya lebih kecil dari pada jenis kasuari lainnya. 

Ini merupakan salah satu endemik Indonesia, tepatnya di pulau Papua, tersebar di antara bukit bukit dan hutan-hutan dengan ketinggian mencapai 3 rb di atas permukaan laut. Burung kasuari kerdil di perkirakan terdapat 7 subspesies yaitu papuanus,  claudii, goodfellowi, hecki, shawmayeri, bennetti dan picticollis yang dikenali secara lokal.

Burung kasuari kerdil sekarang ini pada habitatnya mengalami penurunan populasinya, makanya IUCN Redlist memasukkan 2 jenis burung kasuari yaitu gambir ganda dan gambir tunggal ini ke status konservasi Vulnerable (Rentan) pada tahun 1994. sedangkan kasuari kerdil dimasukkan ke konservasi Near Threatened (Hampir Terancam). Pemburuan kasuari di lakukan untuk di ambil bulu, daging, ataupun telurnya.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *