Burung Pemakan Serangga

Burung Pemakan Serangga - Selamat berjumpa lagi dengan blog Anek Uteun, kali ini akan membahas tentang burung, burung ini adalah pemakan serangga, burung-burung ini bukan hanya memakan serangga akan tetapi makanan utamanya sehari-hari adalah serangga, mereka memakan berbagai jenis serangga seperti semut, ulat, belalang, jangkrik, larva kumbang, kumbang, laba-laba dan lain-lainnya.

Kalau ciri-ciri burung pemakan serangga dapat dilihat dari paruhnya yang sedikit runcing dan panjang, dengan bentuk paruh demikian burung ini bisa menangkap serangga walaupun serangga berada di celah-celah yang sempit. 

Burung Pemakan Serangga
Burung Pelatuk
Sumber gambar: Wikipedia

Banyak jenis burung di dunia ini, mereka kadang sulit untuk dikenali apa yang dimakan burung tersebut, secara morfologi mereka memiliki sayap, paruh, kaki, ekor dan yang pasti bulunya untuk mehagatkan tubuhnya.

Jika dilihat dengan jelas kadang burunhg-burung ini dapat kita bedakan, sperti memiliki paruh yang pendek tumpul kadang juga dengan paruh yang panjang dan runcing. sama dengan halnya kaki-kaki burung ini jika kita lihat dengan jelas, kadang mereka memiliki kaki dengan jari-jari yang kuat dan terdapat kuku yang tajam, dan ada juga jenis dengan kaki yang berselaput.

Perbedaan yang khusus pada burung tersebut sangat berhubungan dengan tempat hidupnya, jenis makanan yang dimakan dan cara mempertahankan diri mereka. Terdapat beberapa jenis burung susuai dengan makanannya, di antaranya Burung Pemakan Serangga, pemakan ikan, pemakan daging dan pemakan serangga. Disini saya akan mejelaskan tentan burung pemakan serangga.

Habitat burung pemakan serangga biasanya mereka beraktifitas di atas pohon, ini bertujuan agar mereka memudahkan mendapatkan makanannya. umumnya serangga-serangga yang mereka makan banyak terdapat di pohon-pohon.

Bentuk kaki burung pemakan serangga biasanya bertipe pemanjat dan atau petengger, ada terdapat beberapa jenis burung pemakan serangga, yang banyak dikenal sperti burung pelatuk  dan burung cabak.

Burung Pelatuk (Picus viridis)
Burung pelatuk membuat sarang mereka di batang pohon, mereka disini bertelur dan membesarkan anak-anak mereka. pada umumnya mereka memakan serangga-serangga di kulit pohon atau di lubang-lubang pohon mereka mencari makannya pada pohon yang sudah lapuk, dengan sebab ini maka burung pelatuk memiliki paruh yang kuat dan runcing.

Burung Cabak (Caprimulgidae)
Burung cabak merupakan salah satu burung pemakan serangga, burung ini beraktifitas pada malam hari atau di sebut dengan nokturnal, mereka memiliki penglihatan yang sangat tajam, dan memiliki kaki yang pendek dan rentangan sayap yang panjang.

Burung Cabak sering menangkap serangga di saat terbang, mereka memakan kunang-kunang, laron, belalang, kupu-kupu dan ngegat. Burung ini memiliki bulu-bulu kasar pada sayapnya, ini berfungsi untuk menangkap serangga di saat terbang.

Berikut inilah nama-nama burung pemakan serangga yang mungkin anda belum mengetahuinya:
  • Burung Robin (Leiothrix lutea)
  • Burung Cabak (Caprimulgidae)
  • Burung Cabak Maling (Caprimulgus macrurus)
  • Burung Cabak India (Caprimulgus indicus)
  • Burung Paok Sayap Biru (Pitta moluccensis)
  • Burung Pelatuk (Picus viridis)
  • Burung Murai Gila (Rhipinura javanica)
  • Burung Ciu Besar (Pteruthius flaviscapis)
  • Burung Pelatuk Besi (Dinopium javanense)
  • Burung Cipoh Kacat (Aegithina tiphia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *