Ciri Ciri Hutan Hujan Tropis

Selamat datang di Anek Uteun, sekarang ini saya akan bagikan sekilas tentang Ciri Ciri Hutan Hujan Tropis, sebagai mana di negara Indonesia kebanyakan demikian. Hutan hujan tropis adalah sekumpulan pohon atau berbagai jenis tanaman yang membentuk sebuah bioma hutan dengan suhu yang hangat, lembab dan dengan curah hujan yang tinggi, daerah ini terletak pada sekitar garis khatulistiwa yaitu 23.5 derajat LU sampai 23.5 derajat LS, namun menurut pengamatan kalau hutan hujan tropis terkonsentrasi pada umumnya sekitar 10 derajat LU sampai 10 derajat LS.

Ciri Ciri Hutan Hujan Tropis

Maka dengan penjelasan di atas dan dengan berdasarkan garis Lintang dapat disimpulkan bahwa hutan ini terletak di kawasan Asia Tenggara utamanya adalah Indonesia, Thailand, Malaysia, dan sebagian wilayah Afrika terutama di Negara Kango dan sekitarnya dan juga terdapat di wilayah sungai amazon yaitu di Negara Brazil, Kolombia, Venezuela, dan bolivia. 

Maka kondisi wilayah khatulistiwa ini sangat mendukung bagi perkembangan dan pertumbuhan makluk hidup maka sumber daya tumbuhan dan binatang (flora dan fauna) sangatlah banyak pada Hutan Hujan Tropis. maka tak heran kalau di daerah ini lebih dari setengah flora dan fauna ada di hutan ini. dan beberapa jenis tumbu-tumbuhan dari sini dapat di jadikan sebagai obat-obatan herbal, dan beberapa obat-obatan bersumber pada hutan ini.

Berikut ini adalah Ciri Ciri Hutan Hujan Tropis dinataranya sebagai berikut:
  • Pohon pohon rapat, tinggi dan daunnya lebat
  • Pada tanah di kawasan ini ditumbuhi dengan rumput atau lumut yang menutup tanah
  • Sinar matahari tidak langsung sampai ke dasar hutan
  • Udara di daerah ini sangat lembab
  • Di daerah dengan curah hujan  yang tinggi
  • Pada hutan hujan tropis memiliki kelembaban sampai dengan 80% atau lebih
  • Strukturnya terdiri dari tajuk dengan berlapis-lapis
  • Lapisan tajuk atas dengan pohon-pohon yang tinggi yang muncul dari tajuk kedua di bawahnya, dan bisa tinggi mencapai 45 sampai 60 meter.
  • Tajuk pada pohon yang tinggi memiliki tajuk yang kecil pada umumnya dan tajuk tajunya tidak teratur dengan sedikit susunan cabang.
  • Lapisan tajuk kedua merupakan kanopi yang umumnya terdapat pohon-pohon yang ramping dengan tinggi sekitar 30 sampai 40 meter
  • Pada lapisan tajuk dibawahnya terdapat pohon-pohon yang sangat toleran, dengan bantanya yang ramping dengan tajuk yang kecil dan tinggi dan disini terdapat banyak epifit pada cabangnya yang tinggi
  • Pada permukaan di tanah tumbuh pohon pohon yang kecil seperti palem, paku-paku, rotan dan jenis sangat banyak jenis lainnya dan kadang juga hampir tidak terdapat tumbuhan di sini.
Di Hutan Hujan Tropis banyak terdapat hewan-hewan dalam kebanyakan jenis-jenis hewan terdapat di sini, dengan sinar matahari yang full dikawasan ini maka tumbuhan akan menghubahnya menjadi energi dan tumbuhan-tumbuhan ini dimakan oleh binatang, di hutan ini bagaikan kanopi maka banyak tumbuhan yang tumbuh dan merupakan rumah bagi hewan.

Adapun jenis-jenis binatang yang hidup di sini merupakan hewan yang hidup di pepohonan, seperti halnya jenis burung dan jenis primata, kalau burung yang hidup di kawasan Hutan Hujan Tropis memiliki bulu-bulu yang cerah dan memiliki suara yang merdu, contoh burung nuri, cendrawasih, beo, dan lain-lain ada juga burung yang tidak bisa terbang misalnya kasuari.

Kalau primata yang hidup dikawasan ini seperti orangutan, gibbon yang terdapat di Asia, dan simpanse dan gorilla di Afrika, dan selain jenis-jenis tersebut masih banyak jenis binatang lainnya yang terdapat di kawasan ini misalnya kerbau, harimau, gajah dan lain-lain. 

Selain di pepohonan ada juga hewan-hewan yang hidup di air, misalkan ikan di kawasan Hutan Hujan Tropis seperti piranha, lumba-lumba air tawar, gurame, lele dan dan masih banyak jenis-jenis lainnya, saya ingin bagikan cuma berhubung tangan saya untuk ngetik sudah capek maka lain kali akan saya tulis tentang jenis-jenis hewan tersebut dan karena itu sangat banyak sekarang sekian tentang Ciri Ciri Hutan Hujan Tropis yang bisa dibagikan untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *